FITNESS & HEALTH

5 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Kumara Anggita
Kamis 07 Januari 2021 / 13:08
Jakarta: Tahun baru bisa menjadi waktu yang tepat untuk memotivasi kamu menurunkan berat badan. Pastikan kamu menurunkan berat badan dengan diet yang sehat.

Dikutip dari Today, Dr. Michael Greger, Dokter yang berspesialisasi dalam nutrisi klinis mengungkapkan bahwa, diet yang bagus adalah diet yang sehat dan sederhana. Untuk itu, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan utuh dan menerapkan pola makan nabati.

Diet yang sehat secara alami tinggi serat dan rendah kepadatan kalori, memungkinkan orang untuk makan sebanyak yang mereka inginkan. Jadi kamu tidak perlu menghitung kalori atau mengontrol porsi.

“Ini adalah pola makan yang meminimalkan asupan daging, telur, susu, dan makanan olahan, serta memaksimalkan asupan buah-buahan, sayuran, polong-polongan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan jamur. Pada dasarnya, makanan asli yang tumbuh dari tanah. Itu adalah pilihan tersehat kami,” kata Greger.

“Strateginya adalah meningkatkan kualitas makanan daripada membatasi kuantitas makanan, agar tidak membuat kamu lapar. Itu adalah diet yang bisa kamu pertahankan. Kamu mendapatkan dorongan energi, pencernaan lebih baik, tidur lebih nyenyak,” lanjutnya.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:
 

1. Perbanyak kalori di pagi hari


Penurunan berat badan mungkin lebih mudah jika kamu makan lebih banyak di pagi hari daripada di malam hari. Sebab makanan dapat memiliki dampak yang berbeda berdasarkan ritme sirkadian tubuh.

“Fakta bahwa 2.000 kalori yang dimakan di pagi hari tidak terlalu menggemukkan daripada mengonsumsi 2.000 kalori yang sama persis, jumlah makanan yang sama, makanan yang sama di malam hari, itu sangat mengejutkan saya," kata Greger.

“Menjadikan sarapan sebagai makanan utama hari itu optimal, tetapi banyak orang tidak bangun dalam keadaan lapar," sambungnya.

Pilihan terbaik kedua adalah menjadikan makan siang sebagai makanan utama. Pola ini diikuti oleh banyak budaya Mediterania.
 

2. Puasa setelah jam 7 malam


“Salah satu jenis puasa intermiten yang benar-benar tampaknya berhasil adalah pemberian makan yang dibatasi waktu,” kata Greger.

“Jika sudah lewat jam, lewati makan malam dan sarapanlah. Sayangnya, yang terjadi justru sebaliknya,” sambungnya.
 

3. Minum sebelum makan


Greger menyarankan untuk minum dua cangkir air dingin tanpa rasa sebelum makan. Ini akan mengisi perut, membuat seseorang merasa lebih kenyang. Plus, minum air dingin saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme selama beberapa jam ke depan.

“Kita mulai membakar lemak tubuh. Tapi itu hanya bekerja dengan air dingin. Ini tidak akan berhasil dengan jus buah atau teh,” katanya.
 

4. Singkirkan soda


"Jika kamu hanya bisa membuat satu perubahan pola makan, menyingkirkan minuman manis akan menjadi pilihan yang baik. Ini artinya kamu perlu singkirkan minuman soda, teh manis, dan minuman berenergi lainnya yang mengandung gula," tulis Greger dalam bukunya.

Menurut Greger, mendapat 240 kalori dari minuman ringan hanya membutuhkan satu menit. Sementara makan 240 kalori wortel akan membutuhkan lebih dari dua jam.
 

5. Kenyangkan dirimu dengan makanan kaya air


Makanan yang secara alami mengandung banyak air seperti tomat, stroberi, anggur, dan sebagainya lebih mengenyangkan daripada pilihan makanan lain. Meskipun kalori mereka lebih sedikit. 

Opsi 'makanan bervolume air lebih tinggi' ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan, yang tampaknya membuat otak kamu jadi merasa kenyang.
(FIR)