FITNESS & HEALTH

Self Care Sederhana untuk Kesehatan Mental Ibu

Raka Lestari
Rabu 06 Januari 2021 / 22:10
Jakarta: Merawat diri biasanya identik dengan pergi ke salon mewah, berendam di bath tub, atau bahkan dengan berlibur ke luar kota.

Namun sebenarnya, merawat diri tidaklah harus selalu mewah. Dengan membersihkan diri pun sudah dianggap bentuk dari merawat diri, terutama bagi para ibu.

“Diantara berbagai hal yang harus dilakukan bagi para ibu, biasanya mandi menjadi urutan paling akhir dari daftar yang harus saya lakukan. Dan apa yang saya alami ini, mungkin banyak juga dialami oleh para ibu lainnya,” ujar Dr Stephanie Wong, seorang psikolog klinis berlisensi.

Para ibu biasanya memfokuskan diri dengan merawat bayi atau anaknya. “Padahal, momen-momen untuk merawat diri ini bisa membantu menjaga mood yang stabil, semangat, dan meningkatkan fokus,” ujar Wong. “Selain itu, menjaga kebersihan diri juga bisa menjadi indikator suasana hati yang menurun atau tertekan.”

“Pastikan kamu untuk secara teratur melakukan berbagai cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Hal tersebut dapat mencegah masalah kesehatan, baik fisik maupun mental,” ujar Katie Lear, seorang konselor kesehatan mental klinis berlisensi yang memiliki spesialisasi pada orang tua dan anak-anak.

Kebiasaan sehat termasuk menyikat dan membersihkan gigi secara teratur, mencuci dan menyisir rambut, mandi, dan bahkan mencuci pakaian. 

"Meskipun tidak langsung dikaitkan dengan kesehatan, tidur di seprai bersih membuat kita merasa nyaman dan juga tidak menimbulkan penyakit,” ujar Lear.

“Mandi merupakan salah satu contoh aktivitas yang bisa membuat kita lebih selaras dengan tubuh. dan jika kita melakukan aktivitas yang bisa membuat lebih selaras dengan tubuh, maka bisa membuat kita merasa lebih tenang dan fokus,” tambah Lear.

Menurutnya, mandi bukan hanya sebagai aspek penting dalam merawat diri, tetapi mandi juga bisa menjadi pengalaman sensorik yang menenangkan. 

“Dan kegiatan merawat diri yang harus kamu lakukan adalah dengan coba memfokuskan untuk mengganti pakaian kotor setiap hari,” tambah Wong. Walau pun itu terlihat sederhana.

Meskipun fase-fase awal menjadi ibu tidaklah mudah, dengan memfokuskan diri untuk melakukan hal-hal yang sederhana seperti mandi dan menggosok gigi dapat membantu kamu menjadi lebih berenergi dan membuat kamu merasa jadi diri sendiri, lebih menenangkan untuk kamu dan baik untuk kesehatan mental kamu.
(TIN)