FITNESS & HEALTH

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Produk

A. Firdaus
Jumat 11 Juni 2021 / 09:06
Jakarta: Tak dapat dipungkiri, adanya pandemi covid-19 ini memberikan beberapa dampak positif bagi perilaku masyarakat. Salah satu bukti, semakin banyaknya konsumen yang mulai lebih teliti melihat bahan-bahan dan proses pembuatan sebuah produk.

Pernyataan itu merujuk Riset dari Kantar, di mana jumlah konsumen yang lebih peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia meningkat 112% dari 2019 ke 2020. Konsumen Indonesia juga kian menyadari pentingnya mempraktikkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, dengan 86% mulai mengadopsi kebiasaan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dan 74% memilih brand yang memiliki kepedulian sosial.

Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia mengatakan, kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan mengalami peningkatan. Namun seringkali tidak tahu bagaimana aksi sederhana mereka bisa mendorong perubahan positif untuk lingkungan kita.

"Untuk itu kami bermitra dengan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’ untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen besar Unilever untuk ‘Menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari’ (Clean Future)," ucap Kevin dalam e-talkshow Kerjasama Unilever Indonesia dan Shoppee Indonesia ‘RumahBersih, Indonesia Lestari'.




Berikut 4 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk menurut Kevin:
 

1. Sumber bahan baku


Apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab.
 

2. Manfaat sosial


Apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat.
 

3. Lingkungan lestari


Apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan.
 

4. Purpose


Apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia.
(FIR)