FITNESS & HEALTH

Bila Rasakan 5 Gejala Ini, Mungkin Kamu Mengalami Katarak

Raka Lestari
Rabu 22 September 2021 / 17:43
Jakarta: Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan bagi mereka yang sudah berusa lebih dari 40 tahun. Namun terkadang, masih banyak yang belum mengetahui gejala-gejala dari mata katarak.

Katarak adalah daerah yang keruh atau buram pada lensa kristal mata yang berkembang seiring waktu. Meskipun cukup umum terjadi, banyak kasus katarak yang tidak ditangani sampai semakin parah.

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami katarak atau tidak, sebelum semakin parah. Berikut ini adalah beberapa gejala katarak yang perlu diwaspadai:
 

1. Penglihatan yang buram atau seperti berawan


"Penglihatan yang buram adalah gejala utama dari katarak," kata Joseph Fishkin, MD, dokter spesialis mata komprehensif dan ahli bedah katarak.

Penglihatan yang buram dapat disebabkan karena berbagai faktor, tetapi seiring bertambah parah katarak maka kemampuan penglihatan akan semakin buram. Penglihatan yang buram bisa juga terjadi karena glaucoma, untuk itu penting sekali untuk berkonsultasi dengan dokter mata.
 

2. Penurunan persepsi warna


Karena adanya masalah pada penglihatan, warna juga akan terlihat kurang jelas bahkan akan semakin memudar seiring berjalannya waktu. Warna putih bisa terlihat menjadi agak kekuningan, misalnya.

"Ketika seseorang mengembangkan katarak, ada warna yang pudar atau menguning, yang kadang-kadang dapat dirasakan," kata Michael Nordlund, MD dari Cincinnati Eye Institute.
 

3. Sensitif terhadap cahaya atau sesuatu yang berkilau


Lampu atau cahaya dan bahkan sinar matahari bisa menjadi musuh ketika seseorang mengalami katarak. Karena katarak menyebarkan banyak cahaya yang masuk ke mata, dokter mata melaporkan bahwa gejala ini akan sangat umum.

"Ketika katarak berkembang, cahaya tidak memiliki jalur yang jelas ke bagian belakang mata, dan semakin sulit bagi seseorang untuk melihat dengan jelas," kata James Schumer, MD, dokter mata.
 

4. Kesulitan mengemudi di malam hari


Karena katarak menyulitkan keseimbangan kontras antara gelap dan terang dari lampu mobil, kebanyakan pasien yang mengalami katarak mengalami kesulitan mengemudi di malam hari.

"Jika lampu-lampu besar dan lampu-lampu jalan bercahaya membuatmu sakit kepala, kamu mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter mata," saran Shoshana Ungerleider, MD, dokter penyakit dalam di California Pacific Medical Center Sutter Health.
 

5. Kesulitan membaca huruf-huruf kecil


Kesulitan membaca huruf-huruf kecil, bisa jadi pertanda kamu membutuhkan kacamata baca. Namun jika itu tidak membantu, bisa jadi disebabkan oleh katarak.

Scott MacRae, MD, dokter mata dan ketua Public Health Committee, menegaskan bahwa penglihatan yang buram dan kesulitan membaca tulisan jarak jauh juga bisa menjadi tanda katarak. Ketika kamu membaca, katarak membuat tulisan sangat buram dan ketajaman mata akan menghilang.
(FIR)