FITNESS & HEALTH

Tips Mendapatkan Tidur Siang Berkualitas

Kumara Anggita
Rabu 21 Juli 2021 / 16:45
Jakarta: Siapa yang tidak suka tidur siang? Kegiatan sederhana ini bisa memberikanmu energi tambahan di tengah hari.

Tak hanya itu, ternyata tidur siang juga memiliki berbagai manfaat lain yang jarang diketahui. Dikutip dari Healthline, berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat memperbaiki waktu reaksi, kewaspadaan, penalaran logis, rasa ngantuk, kelelahan.

Tidur siang juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan toleransi positif, frustrasi, meningkatkan memori, dan kemampuan belajar. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak boleh tidur siang terlalu lama.

Sebab, jika berlebihan maka dapat berkontribusi pada masalah tidur dan gangguan pola tidur. Tidur siang terlalu lama dapat membuatmu merasa lebih lelah, pusing, dan justru malah kurang tidur.

“Tidur siang yang lebih lama, lebih dari 45 menit, dapat mengganggu dorongan tidur alami dan membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari," kata Abhinav Singh, MD, direktur medis Indiana Sleep Center.

Singh mengatakan tidur siang lebih lama juga dapat melanggengkan siklus berbahaya dari kurang tidur. Bahkan, dapat berkontribusi pada masalah jangka panjang.

Jadi, untuk mendapatkan efek positif dari tidur siang, kamu hanya boleh tidur siang sekitar 20 hingga 25 menit. Tidur siang lebih dari 45 menit dapat mengganggu dorongan tidur alami dan membuat kamu lebih sulit untuk tertidur di malam hari.
(FIR)