FITNESS & HEALTH

Bisa Dilakukan Kapan pun, Ini 6 Manfaat Melakukan Peregangan

Raka Lestari
Selasa 26 Oktober 2021 / 19:09
Jakarta: Peregangan atau stretching biasanya dilakukan sebelum berolahraga. Akan tetapi, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan peregangan secara teratur.

Peregangan ternyata tidak hanya membuat tubuh lebih lentur, melainkan juga menjadi faktor penting ketika berolahraga. Selain itu peregangan juga bisa memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres, dan banyak manfaat lainnya.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat lengkap dari melakukan peregangan bagi tubuh:
 

1. Meningkatkan fleksibilitas


Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fleksibilitas yang lebih baik tidak hanya dapat membantu melakukan aktivitas sehari-hari dengan relatif mudah, tetapi juga dapat membantu menunda penurunan mobilitas yang biasa terjadi saat penuaan.
 

2. Meningkatkan aliran darah ke otot


Melakukan peregangan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi meningkatkan aliran darah ke otot, yang dapat mempersingkat waktu pemulihan dan mengurangi nyeri otot (juga dikenal sebagai delayed onset muscle soreness atau DOMS).
 

3. Memperbaiki postur tubuh


Ketidakseimbangan otot sering terjadi dan dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Satu studi menemukan bahwa, kombinasi penguatan dan peregangan kelompok otot tertentu dapat mengurangi nyeri muskuloskeletal, dan mendorong penyelarasan yang tepat. Itu, pada gilirannya, akan dapat membantu memperbaiki postur tubuh.
 

4. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit pinggang


Otot yang tegang dapat menyebabkan penurunan rentang gerak. Ketika ini terjadi, akan meningkatkan kemungkinan ketegangan otot-otot di punggung.

Peregangan dapat membantu menyembuhkan cedera punggung yang ada dengan meregangkan otot. Rutinitas peregangan yang teratur juga dapat membantu mencegah nyeri punggung di kemudian hari dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot.
 

5. Baik untuk melepas stres


Saat kamu mengalami stres, ada kemungkinan besar otot akan tegang. Itu karena otot cenderung menegang sebagai respons terhadap stres fisik dan emosional. Peregangan dapat berfokus pada area tubuh yang cenderung menahan stres, seperti leher, bahu, dan punggung bagian atas.
 

6. Menenangkan pikiran


Aktif dalam melakukan peregangan secara teratur tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, tetapi juga dapat menenangkan pikiran. Saat kamu sedang melakukan peregangan, fokuslah pada latihan kesadaran dan meditasi, yang membuat pikiran akan beristirahat secara mental.
(FIR)