FITNESS & HEALTH

Kebutuhan Kesehatan dan Perawatan Tubuh Masih Tinggi Selama Pandemi

Yatin Suleha
Selasa 14 September 2021 / 13:07
Jakarta: Pandemi membuat banyak pihak harus beradaptasi. Karena kondisi yang mengharuskan menjaga jarak, maka banyak pihak yang mempertimbangkan untuk memenuhi kebutuhannya melalui platform digital termasuk dengan e-commerce untuk berbelanja.

Selain produk fesyen, tentu saja kebutuhan kesehatan seperti vitamin, herbal, dan lainnya serta produk kecantikan 'mencuri' perhatian. Ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, perawatan tubuh, atau kecantikan tetap dibutuhkan meski aktivitas di luar rumah dibatasi.

Pada data yang dipaparkan dalam Katadata, tercatat produk kesehatan semenjak pandemi covid-19 mulai justru melonjak 2,5 kali lipat. Kebutuhan seperti masker, hand sanitizer, hingga pelindung wajah serta kebutuhan multivitamin banyak diminati.

Dalam sumber yang sama disebutkan bahwa survei yang diselenggarakan oleh Rapyd yang bertajuk “Asia Pacific eCommerce and Payments Guide 2020” memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia lebih banyak berbelanja online untuk produk pakaian, baju, dan aksesori. 

Produk selanjutnya yang dibeli secara online adalah kecantikan, kosmetik, dan kesehatan sebesar 62 persen. Makanan dibawa pulang (take away) berada di posisi ketiga sebesar 55 persen.

Penelitian ini berasal dari 3.500 konsumer online yang tersebar di India, India, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Masing-masing negara sebanyak 500 responden yang dilakukan pada Maret dan April tahun lalu.


kesehatan 2
(Tawaran diskon menjadi pertimbangan konsumen dalam berbelanja. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Tawaran diskon yang menarik


Hal yang juga menjadi perhatian pembeli adalah adanya diskon. Menjadi salah satu strategi penjualan diskon yang merupakan pengurangan harga menjadi daya tarik baik berbelanja secara daring atau luring.

Bahkan tawaran ini menjadi pertimbangan utama dalam berbelanja dalam survei Jakpat yang dimuat dalam Katadata. Sebanyak 90,9 persen tawaran promo menjadi mayoritas konsumen dalam berbelanja terutama dalam e-commerce.

Hal ini juga yang menjadi landasan berbagai penyelenggara salah satunya yaitu Watsons. Sebagai salah satu retailer kesehatan dan kecantikan di Asia dan Eropa, brand ternama ini menghadirkan Anniversary Sale diskon tepat di hari perayaannya yang ke-15 dari brand favorit sampai 70 persen. Bersamaan juga dengan survei dalam pemilihan merek terbaik melalui Watsons HWB (Health, Wellness and Beauty) Awards. 

Di hari jadinya yang ke-15 ini sekaligus juga menghadirkan tambahan diskon 15 persen bagi pemegang kartu kredit bank tertentu serta tambahan diskon untuk brand kesehatan dan kecantikan favorit seperti Blackmores, Emina, Somethinc dan lainnya.

Lilis Mulyawati selaku Presiden Direktur Watsons Indonesia menambahkan bertepatan di hari jadi Watsons juga kembali menyelenggarakan Watsons Health, Wellness and Beauty (HWB) Awards 2021.

HWB Awards yang merupakan event rutin sendiri merupakan penghargaan prestis bagi merek kesehatan dan kecantikan yang telah tersedia di tempat ini dengan tema 'Spotlight on your Faves.' Dan dimulai sejak 23 Agustus hingga 31 Oktober 2021 semua konsumen dapat menikmati aneka penawaran yang diselenggarakan. Dan lucky draw dengan 15 hadiah menarik juga menanti pelanggan yang telah menjadi member setianya.

Hal ini dilakukan sebagai apresiasi kepada bisnis partner yang selama 15 tahun telah menjadi bagian dari Watsons Indonesia. HWB Awards juga diharapkan dapat membantu pelanggan dalam mendapatkan produk-produk kesehatan dan kecantikan terbaik yang sedang tren saat ini.
(TIN)