FITNESS & HEALTH

5 Tips Mudah Agar Makananmu Menjadi Lebih Sehat

Raka Lestari
Jumat 23 Juli 2021 / 17:15
Jakarta: Makanan menjadi salah satu faktor penting untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, terkadang tidak mudah untuk menemukan makanan yang sehat. Untuk itu, memasak makanan kita sendiri bisa menjadi pilihan untuk bisa memastikan kandungan gizi dalam makanan yang akan kita konsumsi.

Dilansir dari Rediff, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar makanan yang kita konsumsi bisa lebih sehat:
 

Menambahkan rempah-rempah


Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya yang sangat beragam. Daripada menggunakan bumbu instan, kamu bisa menggantinya dengan rempah-rempah utuh seperti cengkeh, ketumbar, daun kari, kapulaga, dan kayu manis. Rempah-rempah juga akan memberikan rasa yang lebih alami pada masakan dan membantu mengurangi bahan-bahan kimiawi masuk ke dalam tubuh.
 

Batasi minyak olahan


Batasi minyak olahan dan gantilah dengan minyak organik yang lebih kaya akan antioksidan. Kamu juga bisa menggunakan cairan tambahan seperti kaldu sayuran, air lemon, atau air putih untuk mengurangi kebutuhan akan minyak saat memasak.
 

Alternatif krim


Kamu bisa mengganti krim untuk memasak dengan santan, susu rendah lemak, atau susu yang berasal dari sumber nabati seperti susu almond. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk mengganti heavy cream yang biasa kamu tambahkan ketika memasak.
 

Tambahkan sayuran


Tambahkan sayuran dalam jumlah besar pada masakan atau menambahkan kacang-kacangan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran yang ditambahkan juga berguna untuk melancarkan pencernaan ketika kamu mengonsumsinya.
 

Kurangi gorengan


Untuk mengurangi kandungan lemak pada makanan, sebaiknya ganti menu gorengan dengan roti yang tidak perlu digoreng. Atau bisa juga dengan mengganti metode masak, seperti memanggang, merebus, atau mengukusnya daripada harus menggoreng.
(FIR)