FITNESS & HEALTH

4 Cara agar Kamu Berhenti Menguap

Kumara Anggita
Minggu 14 Februari 2021 / 14:54
Jakarta: Menguap adalah hal yang wajar namun terkadang ini bisa muncul di waktu-waktu tidak tepat seperti saat meeting kerjaan, kencan, perform dan masih banyak lagi. Untungnya, ada beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk meredamnya.

Dikutip dari Healthline, menguap bisa terjadi karena banyak alasan antara lain lelah, bosan, tertular orang lain menguap dan masih banyak lagi.

Teori yang paling didukung secara ilmiah tentang mengapa kita menguap adalah karena pengaturan suhu otak. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior mengamati kebiasaan menguap dari 120 orang dan menemukan bahwa menguap lebih jarang terjadi selama musim dingin. 

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan hal-hal berikut.
 

Coba pernapasan dalam


Jika kamu merasa menguap berlebihan, cobalah latihan pernapasan dalam melalui hidung. Tubuh kamu mungkin membutuhkan lebih banyak oksigen. Sebuah studi tahun 2007 juga menemukan bahwa menerapkan pernafasan hidung benar-benar membantu masalah menguap dalam penelitian mereka.
 

Mulai bergerak


Rasa lelah, bosan, dan stres cenderung membuat orang lebih sering menguap. Karena itu, menghentikan rutinitas juga dapat membantu merangsang otak kamu. Cobalah untuk berdiri, merenggangkan tubuh, atau sekedar berjalan beberapa menit. Kamu bisa merasakan perubahannya setelah itu.
 

Kurangi kafein


Menguap berlebihan juga mungkin berasal dari konsumsi terlalu banyak kafein atau melalui detoksifikasi opiat. Mungkin kamu bisa kurangi kopi kamu dulu dan menggantinya dengan minum air putih saja. 
 

Dinginkan diri 


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa suhu memiliki peran penting saat kamu menguap. Kamu bisa mencoba berjalan-jalan di luar atau mencari tempat dengan suhu yang lebih sejuk. Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya, minumlah air dingin atau makan camilan dingin seperti buah. Ini mungkin membantu.
(YDH)