FITNESS & HEALTH

Lelah Duduk Terus Saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Kamis 08 Oktober 2020 / 20:17
Jakarta: Bekerja dari rumah di tengah pandemi covid-19 merupakan hal yang juga dilakukan banyak orang. Ada banyak orang yang melakukan hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Dan salah satu efek yang mungkin dirasakan dengan bekerja dari rumah adalah nyeri punggung karena posisi duduk dan postur tubuh yang salah.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri punggung ketika sedang bekerja dari rumah:
 

1. Ubah postur dan gunakan bantal 



Terapis okupasi, Karen Jacobs mengatakan bahwa satu hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghindari sakit punggung adalah mengubah postur tubuh sepanjang hari. Jacobs menjelaskan bahwa melakukan satu posisi terlalu lama dapat menyebabkan tidak hanya sakit punggung tetapi juga sakit leher dan bahu.

Terapis fisik Eric Robertson merekomendasikan perubahan posisi setiap jam, mulai dari duduk di meja dapur ke berdiri ke duduk di sofa.

Robertson merekomendasikan untuk meletakkan bantal tipis di bawah tempat duduk kamu, atau bahkan handuk lembut. Bantal atau handuk yang digulung juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung.
 

2. Posisi laptop yang benar



“Laptop terkadang bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi,” kata Roberston. Meletakkan laptop di atas tumpukan buku atau kotak sepetu dapat membuatnya bertambah tinggi sesuai dengan tinggi mata kamu sehingga dapat membantu menghindari ketegangan mata saat membaca. Pastikan untuk menurunkannya saat kamu perlu mengetik karena lenganmu harus ditekuk pada sudut 90 derajat saat mengetik.

Salah satu saran yang paling penting adalah ingat untuk istirahat. Jacobs menyarankan untuk mengatur timer agar mengingatkan kamu untuk mengambil istirahat atau jeda tiga hingga lima menit setiap setengah jam. 

"Menambahkan dengan olahraga teratur, sekalipun olahraga yang sangat ringan sekalipun dapat sangat penting untuk menjaga tubuh kamu sehat dan menghindari sakit punggung," tutup Robertson.
(TIN)