FITNESS & HEALTH

Studi Beberkan Manfaat Mengonsumsi Susu bagi Kesehatan Jantung

Raka Lestari
Jumat 08 Januari 2021 / 17:00
Jakarta: Banyak orang percaya meminum susu rendah lemak atau tidak mengonsumsi produk susu sama sekali baik untuk kesehatan, dibandingkan dengan menambahkan segala jenis susu dan produk susu ke dalam makanan.

Namun, sebuah studi menyimpulkan bahwa menambahkan asupan susu ke dalam pola makan harian dapat memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Para peneliti dari Universitas McMaster di Kanada melakukan penelitian terhadap 136.384 orang yang berusia antara 35 hingga 70 tahun dari 21 negara, yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet. Para peserta diteliti selama sembilan tahun di mana asupan harian susu dan kesehatan secara keseluruhan dicatat.

Mereka dibagi menjadi empat kategori berbeda, yaitu mereka yang tidak makan susu sama sekali, mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi sehari, mereka yang mengonsumsi satu atau dua porsi sehari, dan mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi sehari.

Penulis utama studi ini Dr Mahshid Dehghan menjelaskan, sebagian orang berfokus pada asumsi bahwa lemak jenuh yang terdapat pada susu dapat meningkatkan kolestrol LDL.

"Tetapi sebenarnya produk susu mengandung banyak komponen lain yang mungkin sehat seperti asam amino, vitamin K, kalsium, magnesium. Mereka dapat difermentasi dan memiliki probiotik. Kita tidak boleh fokus pada satu nutrisi," ujar Dehghan kepada TIME.

"Temuan kami mendukung bahwa konsumsi produk susu mungkin bermanfaat untuk kematian dan penyakit kardiovaskular, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana konsumsi susu jauh lebih rendah daripada di Amerika Utara atau Eropa," tutupnya.
(FIR)