FITNESS & HEALTH

Cara Merawat Rambut Rontok pada Pria dengan Perubahan Gaya Hidup

Kumara Anggita
Senin 15 Februari 2021 / 12:06
Jakarta: Dengan bertambahnya umur, beberapa pria mengalami kerontokan rambut. Kebotakan pada pria ini dikenal sebagai androgenetic alopecia yang merupakan sifat yang diturunkan. 

Sebelum kamu beli suplemen dan tonik khusus, kamu juga perlu memerhatikan gaya hidupmu. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang bisa mengurangi kerontokan. 
 

Berhenti merokok


Dikutip dari Healthline, selain keriput wajah dan rambut beruban dini, merokok dapat menyebabkan rambut rontok. Penelitian telah membuktikannya dan untuk mecegahnya ada baiknya kamu berhenti merokok sesegera mungkin.
 

Pijat kulit kepala


Pijat tidak hanya terasa luar biasa, tetapi juga dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Memijat kulit kepala akan merangsang folikel rambut.

Dalam sebuah penelitian kecil, pria sehat Jepang yang menerima pijatan kulit kepala 4 menit setiap hari selama 24 minggu memiliki rambut yang lebih tebal di akhir penelitian.
 

Diet seimbang


Pola makan yang seimbang dapat menjaga rambut kamu tetap dalam kondisi prima. Pastikan kamu memasukkan berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, lemak tak jenuh, dan protein tanpa lemak dalam makanan kamu, dan batasi asupan makanan manis. 

Coba tambahkan jenis makanan seperti makanan kaya zat besi, kacang-kacangan, makanan kaya asam lemak omega-3, makanan berprotein tinggi, dan perbanyak minum air. 
 

Kurangi stres


Stres benar-benar dapat mempengaruhi tubuh, termasuk rambut kamu.  Strategi untuk mengurangi stres meliputi olahraga rutin, mendengarkan musik, melakukan yoga, bermeditasi, tidur yang cukup.
(YDH)