FITNESS & HEALTH

Haruskah Memakai Masker di Rumah?

Sandra Odilifia
Kamis 22 Oktober 2020 / 15:56
Jakarta: Bagi kebanyakan orang, rumah adalah satu-satunya tempat di mana mereka tidak diharuskan memakai masker. Namun, sebenarnya ada kalanya kamu harus mempertimbangkan menggunakan masker di rumahmu sendiri.

Melansir Fox 13, kamu harus mempertimbangkan untuk memakai masker di rumah jika kamu bekerja di luar rumah dengan banyak orang dan tinggal dengan orang-orang yang rentan atau memiliki masalah kesehatan, misalnya orang tua atau lansia.

Kamu harus mengenakan masker ketika berada di sekitar mereka untuk melindungi mereka dari covid-19.

"Jika kamu berisiko tinggi tertular virus, kamu harus lebih berhati-hati untuk memastikan kamu bukan carrier atau memberikan virus tanpa gejala kepada anggota keluarga," kata Dr Steve Threlkeld, spesialis penyakit menular Rumah Sakit Baptist.

Threlkeld mengatakan kamu tidak wajib memakai masker setiap saat di rumah, tetapi kamu harus bersedia menjauhkan diri dari anggota keluarga lainnya.
 

Saat kedatangan tamu


Bila kamu kedatangan tamu di rumah, pastikan kamu dan orang tersebut memakai masker. Hal ini juga berlaku untuk teman atau keluarga yang tidak tinggal bersama kamu.

“Kamu tidak tahu apakah orang tersebut menular atau tanpa gejala dan masih bisa menularkan virus. Mengenakan masker dan menjaga jarak fisik sebanyak mungkin saat seseorang datang ke rumah kamu adalah hal terpenting dalam upaya mengurangi risiko penularan," kata Soniya Gandhi, MD, kepala petugas medis asosiasi, Rumah Sakit Cedars-Sinai Marina Del Rey.
 

Saat seseorang di rumah kamu sakit


Jika seseorang di rumah kamu mengalami gejala covid-19, termasuk gejala flu biasa seperti hidung tersumbat, demam ringan, dan sakit tenggorokan, sebaiknya orang tersebut menutup mulut atau memakai masker sampai mereka melakukan tes kesehatan.

“Jika ada orang yang memiliki gejala di rumah, kamu harus berasumsi itu adalah covid-19 sampai terbukti sebaliknya,” kata Gandhi.

“Orang tersebut harus mengisolasi diri sebaik mungkin, menggunakan kamar mandi terpisah jika memungkinkan dan lakukan tes untuk mendapatkan hasil kesehatan sesegera mungkin,” katanya.

(TIN)