FITNESS & HEALTH

3 Manfaat Kesehatan dari Kelapa yang Mengesankan

Kumara Anggita
Selasa 23 Februari 2021 / 11:40
Jakarta: Kelapa adalah buah yang dimanfaatkan untuk dijadikan makanan, krim, minyak dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini memang terkenal bergizi.

Dikutip dari Healthline, kelapa mengandung lemak, protein, beberapa mineral penting, dan sejumlah kecil vitamin B yang bagus untuk untuk kesehatan tulang dan metabolisme kolesterol. Kelapa juga kaya tembaga dan zat besi, yang membantu membentuk sel darah merah, serta selenium, antioksidan penting yang melindungi sel kamu.

Buah kelapa memberikan banyak manfaat kesehatan lain yang perlu kamu pertimbangkan seperti:
 

Kelapa bagus untuk kesehatan jantung


Studi lain pada 1.837 wanita Filipina menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak minyak kelapa tidak hanya memiliki tingkat kolesterol HDL (baik) yang lebih tinggi, tetapi juga tingkat kolesterol dan trigliserida LDL (jahat) yang lebih tinggi (10Trusted Source). Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa minyak kelapa memiliki efek netral terhadap kadar kolesterol.

Selain itu, seperti yang kita ketahui, obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Sebuah studi pada 20 orang dengan obesitas menemukan ukuran pinggang partisipan pria menurun rata-rata sekitar 1 inci (sekitar 3 cm) setelah mereka mengonsumsi 1 ons (30 ml) minyak kelapa murni setiap hari selama 4 minggu. 
 

Kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah


Kelapa rendah karbohidrat dan tinggi serat dan lemak, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah kamu.

Satu penelitian tikus menemukan bahwa kelapa memiliki efek antidiabetes, kemungkinan karena kandungan argininnya. Arginine adalah asam amino yang penting untuk fungsi sel pankreas, yang melepaskan hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah kamu.

Ketika tikus dengan diabetes diberi makan protein yang terbuat dari daging kelapa, gula darah, kadar insulin, dan penanda metabolisme glukosa lainnya jauh lebih baik daripada mereka yang tidak makan protein kelapa.

Selain itu, sel beta di pankreas mulai membuat lebih banyak insulin yang merupakan hormon yang membantu mengatur gula darah. Para peneliti menduga peningkatan fungsi sel beta juga karena tingginya jumlah arginin yang ditemukan dalam kelapa.
 

Kelapa mengandung antioksidan yang kuat


Daging kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Tes laboratorium pada daging kelapa menunjukkan bahwa ia memiliki aktivitas antioksidan dan pembasmi radikal bebas.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan kematian yang disebabkan oleh stres oksidatif dan kemoterapi.
(YDH)