FITNESS & HEALTH

6 Gerakan Peregangan saat Bangun Tidur

Sandra Odilifia
Rabu 31 Maret 2021 / 09:23
Jakarta: Apakah kamu merasa lelah dan lesu saat bangun di pagi hari? Atau otot terasa kencang dan badan terasa pegal? Rupanya rasa lelah dan pegal adalah hal yang biasa terjadi di pagi hari.

Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan peregangan di pagi hari. Hal ini akan membantu tubuhmu lebih bugar dan melancarkan aliran darah ke otak untuk meningkatkan konsentrasi.

Seperti dilansir E Times, berikut beberapa latihan peregangan sederhana yang bisa kamu lakukan:
 

1. Pose kobra


Pose ini membantumu meregangkan otot bahu, dada, dan perut. Ini juga mampu mengurangi kekakuan dan meningkatkan suasana hatimu.

Caranya, posisikan badanmu tengkurap di alas yang datar. Kemudian angkat dadamu dengan menumpu pada telapak tangan, dan arahkan wajahmu ke atas.
 

2. Pose kucing-sapi


Dua pose yang dilakukan dengan sikap kaki yang berbeda-beda ini dapat membantu melumasi tulang belakang, meregangkan punggung, dan batang tubuh serta memijat organ di area perut.

Caranya, posisikan dirimu seperti sapi, dengan area jari kaki, lutut dan telapak tangan menempel ke alas. Kemudian dengan perlahan biarkan posisi paha dengan betis menempel.
 

3. Berdiri membungkuk ke depan


Pose yoga ini menenangkan otak, meredakan stres, kelelahan dan kecemasan. Ini juga dapat membantu merangsang hati dan proses pencernaan. Caranya bungkukkan badanmu, sebisa mungkin hingga wajah menyentuh lutut.
 

4. Pose anak


Melakukan latihan peregangan ini dapat melenturkan pinggul, panggul, paha, dan tulang belakang. Ini sangat bermanfaat ketika kamu tidur pada posisi yang salah di malam hari. Caranya lakukan seperti kamu sedang bersujud, dan julurkan tanganmu ke depan.
 

5. Lutut ke dada


Peregangan lutut ke dada menstabilkan panggul dan dapat mengurangi nyeri punggung bawah. Cara ini juga membantu menenangkan pikiranmu dan mengontrol tekanan darah.

Caranya ambil posisi telentang, kemudian angkat kepala dan lututmu hingga saling menyentuh.
 

6. Peregangan betis


Latihan peregangan ini membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini mampu menenangkan pikiran dan memberi kamu energi. Caranya berdiri tegak dengan tumit diangkat, dan lakukan berkali-kali.
(FIR)