FITNESS & HEALTH

Alasan Mengapa Teh Matcha Baik untuk Kesehatan Gigi

Raka Lestari
Rabu 31 Maret 2021 / 07:08
Jakarta: Mengonsumsi teh matcha tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Pada dasarnya, matcha berasal dari tumbuhan yang sama dengan teh hijau, tetapi para petani biasanya melakukan sedikit perbedaan untuk menciptakan nutrisi pada matcha agar lebih sehat.

Teh matcha menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan fungsi otak, melindungi hati, dan menurunkan berat badan. Tingkat antioksidan teh yang tinggi juga berfungsi untuk membantu menstabilkan radikal bebas, mencegah potensi kerusakan sel di seluruh tubuh.

Mark Burhenne, DDS, menjelaskan bahwa matcha dan teh hijau lainnya dapat berkontribusi pada kesehatan mulut yang baik, merujuk pada sebuah penelitian dari Harvard. Para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh hijau seperti matcha terkait dengan kesehatan mulut.

Dr Mark Burhenne menjelaskan secara rinci mengapa teh matcha membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan mulut.  Ia mencatat bahwa, minum teh matcha dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, dan karena kesehatan gigi dan mental saling terkait, itu akan menciptakan kebiasaan sehat dalam menjaga kesehatan gigi.

Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Oral Medicine, menunjukkan bahwa antioksidan EGCG, yang ditemukan dalam teh matcha, membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang di mulut.

Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan bahwa, teh yang enak dapat membantu melindungi dari penyakit gusi. Sebab hubungan terbalik yang sederhana antara meminum minuman hijau dan mengurangi penyakit periodontal.

Minuman sarat antioksidan juga dapat membantu mengurangi risiko kanker mulut. Terakhir, minum teh matcha bisa mengurangi bau mulut karena senyawa dalam minuman tersebut bekerja menjaga senyawa sulfur di mulut kita, agar tidak menimbulkan bau yang berbahaya.

Bagian terbaiknya adalah teh matcha mudah dibuat dan diminum. Dikutip dari Healthline, kamu bisa mencampurkan 1-2 sendok teh dengan air panas secukupnya lalu diminum untuk mendapatkan manfaatnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan teh ke latte, smoothie, atau puding. Satu atau dua porsi teh matcha organik berkualitas tinggi setiap hari sudah cukup untuk melihat hasilnya yang maksimal.
(FIR)