FITNESS & HEALTH

Bisakah Masker N95 Kedaluwarsa?

Kumara Anggita
Senin 16 November 2020 / 18:08
Jakarta: Di era new normal atau adaptasi kebiasaan baru ini, kita perlu selalu pakai masker saat keluar. Kamu bisa pakai masker sekali pakai, masker kain, atau bahkan masker N95.

Namun apakah semua masker itu selalu aman dipakai? Bagaimana dengan masker yang sudah kedaluwarsa?

Dikutip dari Business Insider, para peneliti menyebutkan bahwa masker N95 mungkin masih bisa memberikan perlindungan terhadap virus covid-19 walaupun kamu pakai itu setelah sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

"Masker N95 benar-benar tidak kedaluwarsa dalam hal fungsinya. Satu-satunya bagian yang dapat rusak seiring waktu adalah pita elastis yang menempelkan masker ke wajah pengguna, yang dapat rusak oleh sinar matahari," jelas Dr John Balmes, profesor ilmu kesehatan lingkungan di Berkeley Public Health.

Namun perlu diingat bahwa kemungkinan kualitas bahannya sudah menurun bila sudah lewat tanggal kedaluwarsa. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika atau CDC, seiring waktu, bagian-bagian dari masker bisa aus tergantung cara penyimpanannya. Strapnya terbuat dari plastik dan polimer karet, yang bisa mengembang atau berkontraksi saat terkena panas atau dingin. 

Hal ini dapat memengaruhi kesesuaian masker dan mencegah penyegelan yang benar. Namun, selama kamu masih merasa semua masih menlindungi dengan benar, sah-sah saja menggunakan masker yang ada. Pastikan pula kamu menggunakan maskernya dengan benar. Tak hanya itu, jangan lupa untuk menerapkan protokol lainnya yaitu menjaga jarak dan mencuci tangan.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)