FITNESS & HEALTH

7 Manfaat Dark Chocolate yang Perlu Kamu Ketahui

Yuni Yuli Yanti
Rabu 18 November 2020 / 10:15
Jakarta: Cokelat adalah salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Selain, karena rasanya yang manis dan enak, cokelat juga sering dijadikan sebagai moodbooster dikala sedang sedih atau galau. 

Namun, sayangnya cokelat sering diidentikan sebagai makanan yang tidak sehat. Padahal, cokelat mengandung sejumlah zat gizi baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama cokelat hitam (dark chocolate).   

Coklat hitam adalah makanan yang terbuat dari tanaman kakao mengandung antioksidan yang disebut flavonoid yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit. Dibanding cokelat jenis lain, cokelat hitam memiliki jumlah flavanol yang tertinggi. Berikut tujuh manfaat dark chocolate untuk kesehatan, diantaranya:

1. Kesehatan jantung 

Dark chocolate dapat meningkatkan aliran darah dan mencegah penggumpalan darah yang bermanfaat untuk jantung.  Karena mencegah penggumpalan maka  aliran darah yang baik akan mengurangi risiko serangan jantung.

Selain itu, menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko atrial fibrillation, yakni kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

2. Meningkatkan mood

Pernahkah kamu merasa bahagia setelah makan cokelat? Itu bukan mitos belaka lho! Cokelat memang mengandung senyawa kimia yang dapat melepaskan endorfin (hormon bahagia). Jadi, silakan makan cokelat saat sedang sedih. Tak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung serotonin yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

3. Melindungi kulit

Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya.  Cokelat hitam kaya akan vitamin termasuk zat besi dan kalsium, sehingga sangat membantu kelembapan kulit. Ini juga mengurangi kolagen dari kerusakan, sehingga membantu memperlambat penuaan. 


(Dibanding cokelat jenis lain, cokelat hitam memiliki jumlah flavanol yang tertinggi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Membantu menurunkan berat badan 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam memiliki peran dalam mengendalikan nafsu makan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi sedikit coklat hitam sebelum atau sesudah makan memicu hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang. Tentu saja, makan lebih dari jumlah yang disarankan per hari dapat menghambat program penurunan berat badan yang sedang dijalankan.

5. Meningkatkan fungsi otak 

Manfaat dark chocolate berikutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kakao selama lima hari meningkatkan aliran darah ke otak.

Kakao juga dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan gangguan mental. Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang mungkin menjadi alasan utama mengapa cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

6. Memperbaiki otot 

Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan (bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori) dapat mengalami pemulihan otot lebih cepat.

7. Menjaga kesehatan mulut

Meski manfaat cokelat hitam ini terdengar kontradiktif, namun kandungan theobromine pada dark chocolate ternyata dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Selain itu, juga dipercaya dapat memerangi bakteri yang merusak kesehatan mulut. Namun, jangan gunakan cokelat hitam sebagai pengganti perawatan mulut ya! Menyikat gigi dan flossing tetap diperlukan setelah mengonsumsi cokelat.
(yyy)