FITNESS & HEALTH

Jantung Tiba-tiba Sakit? Cek Dulu, Bisa Jadi Kamu Alami Serangan Panik

Kumara Anggita
Rabu 07 April 2021 / 10:14
Jakarta: Rasa sesak atau nyeri di dada memang tanda khusus yang biasa muncul ketika seseorang punya penyakit jantung. Namun, selain itu, ternyata ada kemungkinan lain. Gejala tersebut bisa jadi pertanda kamu sedang alami serangan panik!

Mengutip dari Healthline, serangan panik adalah serangan mendadak yang membuat kamu merasa takut, tidak nyaman, dan seperti kehilangan kendali meski tidak ada bahaya. Ini datang tiba-tiba dan beberapa merasakannya seperti serangan jantung.

Umumnya serangan panik ini memuncak dalam waktu 10 menit kemudian mulai menghilang. Bahkan, beberapa laporan dari individu menggambarkan serangan dapat berlangsung berjam-jam atau bahkan berhari-hari.


(Serangan panik adalah serangan mendadak yang membuat kamu merasa takut, tidak nyaman, dan seperti kehilangan kendali. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Meskipun gejala serangan panik dapat bervariasi di setiap orang, sering kali serangan panik digambarkan sebagai berikut:


- jantung berdebar kencang

- berkeringat atau kedinginan

- gemetaran

- sesak napas

- nyeri dada atau ketidaknyamanan

- pusing

- takut kehilangan kendali atau mati

- mual dan ketidaknyamanan perut lainnya


Gejala fisik sering kali yang pertama mereda, meskipun tergantung pada tingkat kecemasan kamu. Beberapa orang mungkin terus mengalami hiperventilasi dan mengalami ketidaknyamanan di dada dan perut. 



(Kamu yang mengalami gangguan panik mungkin khawatir untuk mengalami serangan panik lagi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Setelah serangan, kamu mungkin juga akan merasa lelah atau tegang pada bagian otot. Gejala utama yang bisa bertahan lama adalah gejala perilaku atau kognitif. Kecemasan umum mungkin tetap ada setelah serangan. 

Dan buruknya lagi, banyak orang sering kali terus mengkhawatirkan bahwa mereka kurang kendali. Kamu yang mengalami gangguan panik mungkin khawatir untuk mengalami serangan panik lagi. Ini dapat menyebabkan kecemasan sehari-hari, sehingga memengaruhi kualitas hidupmu.

Jika kamu mengalami rasa sakit, ketakutan akan kematian maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.
(yyy)