FITNESS & HEALTH

Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu Sugesti

Cindy
Jumat 21 Januari 2022 / 17:01
Jakarta: Sebagian orang mengaku mengalami efek samping usai menjalani vaksinasi covid-19. Mulai dari rasa pegal, sakit kepala, hingga demam.

Studi terbaru dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mayoritas efek samping vaksin covid-19 ini muncul dipicu sugesti atau dikenal efek nocebo. 

Apa itu Nocebo?

Dikutip dari Sciencealert, efek nocebo terjadi ketika pasien mengalami efek samping negatif dari pengobatan karena kekhawatiran terhadap vaksin covid-19. Efek ini dapat terjadi ketika seseorang mengetahui apa saja gejala yang kerap muncul setelah divaksinasi. 

Persepsi negatif yang dipikirkan seseorang itu akan menyebabkan gejala yang sebetulnya tidak disebabkan oleh pengobatan, melainkan hanya sugesti. Gejala dari efek nocebo seperti dikutip dari Klikdokter, antara lain:
- Mengantuk
- Mual
- Pusing
- Sulit berkonsentrasi
- Sakit kepala
- Insomnia
- Kelelahan
- Gatal
- Kembung
- Sakit perut
- Kehilangan nafsu makan. 

Baca: Viral Suntik Vaksin Kosong Siswa SD, Ini Jawaban Dinkes Medan

76 persen karena efek nocebo

Dilansir dari The Guardian, tim peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC), Boson, melakukan 12 uji klinis vaksin covid-19. Para peneliti menemukan efek nocebo menyumbang sekitar 76 persen dari efek samping setelah vaksinasi dosis pertama, serta hampir 52 persen setelah dosis kedua. 

Temuan itu dilakukan terhadap para penerima vaksin covid-19 sebanyak 22.802 orang yang dibandingkan dengan 22.578 orang yang menerima suntikan plasebo. Suntikan plasebo merupakan suntikan kosong yang tidak mengandung vaksin atau memberi dampak pada pasien. 

Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 35 persen penerima suntikan plasebo mengalami efek samping tergolong ringan, seperti sakit kepala dan kelelahan. Sedangkan, 16 persen penerima plasebo lainnya mengalami gejala nyeri di tempat suntikan, kemerahan, atau bengkak. 

Sementara, pada kelompok penerima vaksin, sebanyak 46 persen mengalami setidaknya satu efek samping sistemik dan dua pertiga melaporkan satu gejala lokal. Peneliti menyimpulkan bahwa efek samping yang terjadi pada penerima vaksin merupakan efek nocebo, mengingat efek sama juga terjadi pada kelompok plasebo. 

"Gejala nonspesifik seperti sakit kepala dan kelelahan, yang kami tunjukkan sangat sensitif terhadap nocebo, terdapat di antara rekasi merugikan yang umum terjadi setelah vaksinasi covid-19 di banyak selebaran informasi," ungkap peneliti placebo dari BIDMC Ted J Patchuck dikutip dari sciencealert, Jumat, 21 Januari 2022. 

Baca: Viral, Siswa SD di Medan Jadi Korban Suntik Vaksin Kosong, Jelas Banget!

Tips agar tidak terkena efek nocebo

Peneliti juga mengungkapkan jumlah pasien terkena efek nocebo menurun untuk vaksinasi dosis kedua. Lebih sedikit pasien kelompok plasebo yang melaporkan efek samping, yakni sebesar 31,8 persen efek sistemik dan 11,8 persen efek lokal. 

Sedangkan, untuk kelompok penerima vaksin justru mengalami peningkatan efek samping. Dengan 61,4 persen pasien melaporkan efek sistemik dan 72,8 persen melaporkan efek lokal. 

Untuk menghindari terkena efek nocebo, mereka yang menerima vaksinasi covid-19 harus memiliki pemikiran positif terhadap vaksin. Pesimis terhadap vaksin covid-19 dapat membuat stres dan menyebabkan gejala sakit muncul. Pikiran yang baik akan menimbulkan efek yang baik pula bagi tubuh. 

Baca: Inspiratif, Nakes di Garut Punya Ide Unik Agar Anak Mau Divaksin
(CIN)