FITNESS & HEALTH

Tetap Sehat, Ini 7 Camilan dan Buah Manis Ramah Diabetes

Sri Yanti Nainggolan
Kamis 09 Desember 2021 / 18:02
Jakarta: Penderita diabetes umumnya menghindari makanan manis. Karena itu, harus cermat dalam memilih camilan dan buah. 

Penderita diabetes cenderung memilih camilan yang tinggi serat, protein, dan lemak sehat untuk bisa mengontrol gula darah. Namun, bukan berarti tak ada camilan dan buah yang enak sekaligus manis. 

Berikut adalah enam makanan manis yang baik untuk penderita diabetes, dilansir dari Healthline

1. Dark chocolate 

Dark chocolate kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca: Ternyata Ini 6 Alasan yang Bisa Buat Cepat Lelah

Selain itu, dark chocolate juga lebih rendah gula, karbohidrat, dan kalori daripada cokelat susu. Untuk hasil terbaik, carilah dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70 persen dengan porsi 1 ons (28 gram) sekali makan. 

2. Buah pir 

Pir adalah buah segar tinggi serat dan karbohidrat. Serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi pir segar efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes. 

3. Buah apel 

Satu buah apel mengandung 28 gram karbohidrat dan 5 gram serat. Apel juga memiliki indeks glikemik rendah, yang merupakan ukuran seberapa besar makanan tertentu mempengaruhi kadar gula darah.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi apel sebelum makan nasi membantu menurunkan kadar gula darah, dibandingkan dengan makan nasi saja.

Apel baik untuk penderita diabetes. Foto: Pexels
Apel baik untuk penderita diabetes. Foto: Pexels?

4. Buah anggur

Anggur bisa menjadi makanan sehat berserat tinggi untuk penderita diabetes. Faktanya, buah anggur tinggi akan serat dan karbohidrat. 

Anggur merah juga kaya akan antioksidan dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi dari komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes.
 

5. Yogurt Yunani (Greek yogurt)

Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 7 ons (200 gram), Greek yogurt bisa menjadi pilihan camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Camilan ini juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi harian dengan Greek yogurt yang mengandung vitamin D dan probiotik dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

6. Es krim pisang

Es krim pisang mudah dibuat dan hanya membutuhkan satu bahan sederhana: pisang. Pisang adalah sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah, yang mungkin bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. 

Plus, satu penelitian pada 45 orang menemukan bahwa konsumsi pisang setiap hari secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa pada orang dengan kadar kolesterol tinggi setelah empat minggu.

Es krim pisang baik untuk penderita diabetes. Foto:recipegirl.com
Es krim pisang baik untuk penderita diabetes. Foto: recipegirl.com

Untuk membuat es krim pisang di rumah, potong pisang yang sudah matang, masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan bekukan setidaknya selama 2-3 jam. Setelah itu, lumatkan pisang dan Anda bisa langsung menikmatinya. 

7. Smoothie protein

Smoothie bisa menjadi cara cepat dan mudah mendapatkan serat dan protein dengan mudah. Gunakan bahan-bahan seperti protein whey, yang membantu memperlambat pengosongan lambung dan merangsang sekresi insulin untuk meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik.

Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau seperti bayam yang merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik. Untuk menyiapkan smoothie protein di rumah, cobalah campur susu, bubuk protein, sayuran hijau, dan buah-buahan berserat tinggi.
(SYN)