FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Blueberry Menurut Para Ahli

Raka Lestari
Selasa 12 Januari 2021 / 11:00
Jakarta: Blueberry tidak hanya menjadi camilan yang enak tetapi juga merupakan tambahan yang sehat untuk diet buat kebanyakan orang. Buah-buahan kecil ini mengandung antioksidan yang kuat, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dilansir dari Insider, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi blueberry untuk kesehatan:
 

1. Blueberry kaya akan antioksidan


Jika kamu ingin meningkatkan asupan antioksidan, blueberry bisa membantu. Antioksidan membantu meminimalkan peradangan yang pada gilirannya mengurangi kerusakan sel.

"Beberapa peradangan adalah normal, tetapi peningkatan kronis dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penyakit. Blueberry kaya akan antioksidan antosianin, yang membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit kronis," kata Nicole DeMasi, RDN, ahli gizi-ahli gizi terdaftar.
 

2. Blueberry menurunkan kolesterol jahat


Blueberry juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, bentuk kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri. Blueberry mengandung phytosterols, senyawa yang dapat menurunkan kadar LDL. Sebuah ulasan pada 2017 mencatat, mengonsumsi sekitar dua gram phytosterols sehari telah menunjukkan penurunan 8 – 10 persen dalam kadar LDL pada orang dewasa yang sehat.
 

3. Menurunkan tekanan darah


Jika dimakan secara rutin, blueberry telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi kecil yang dilakukan pada 2019, mengonsumsi minuman yang mengandung 200 gram blueberry selama satu bulan dapat mengurangi tekanan darah peserta sebesar 5 mmHg.

Selain itu, dalam sebuah studi kecil pada 2015, wanita pascamenopause dengan tekanan darah tinggi yang mencerna 22 gram bubuk blueberry kering beku setiap hari selama delapan minggu, mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.
 

4. Meningkatkan sensitivitas insulin


Blueberry memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Antosianin dalam blueberry membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

"Blueberry bisa menjadi pilihan yang bagus untuk penderita diabetes karena dapat berkontribusi untuk meningkatkan sensitivitas insulin, namun penting untuk tidak melebihi jumlah karbohidrat yang direkomendasikan per makanan," kata Bansari Acharya, RDN, ahli gizi-ahli gizi terdaftar di Detroit, Michigan.
 

5. Blueberry merupakan prebiotik


Blueberry mengandung prebiotik. Mengkonsumsi prebiotik dapat meningkatkan kesehatan usus. Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri sehat yang hidup di usus.

"Penting bagi bakteri sehat untuk berkembang, untuk menyingkirkan bakteri berbahaya yang masuk ke saluran pencernaan. Tanpa jumlah bakteri baik yang cukup, bakteri jahat meningkat, menyebabkan peradangan yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh," tutup Nicole DeMasi.
(FIR)