FITNESS & HEALTH

Minum Air Putih dengan Metode 242 Bantu Tubuh Tetap Fit saat Berpuasa

Sandra Odilifia
Kamis 15 April 2021 / 16:06
Jakarta: Saat ini umat muslim di seluruh penjuru dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Dengan membatasi waktu makan dan minum, tentu kamu dituntut untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.
 
Mengutip medcom.id, salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih di dalam tubuh agar tetap tercukupi meski berpuasa selama 14 jam. Saat berpuasa, tubuhmu memerlukan 2 liter atau 8 gelas air sehari.
 
Cara ampuh agar ketersediaan air di dalam tubuh tetap tercukupi meskipun tengah berpuasa adalah dengan mengatur pola minum air putih. Para ahli dehidrasi Indonesia merekomendasikan pola minum 242.

Metode 242 ini mengatur kamu untuk meminum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

Kamu perlu mengatur pola minum agar tidak kurang minum air putih dengan cara yang mudah. Apalagi masyarakat Indonesia dikenal sangat sulit menerapkan pola minum air putih.

Hal itu terkait dengan kebiasaan masyarakat yang gemar mengonsumsi minuman yang manis-manis saat berbuka puasa seperti sop buah.

Padahal, minuman manis berkalori tinggi, dan jika dikonsumsi terlalu sering pada saat berbuka puasa, maka dapat terjadi penimbunan kalori berupa lemak. Dengan demikian, manfaat puasa untuk mengurangi dan mempertahankan berat badan tidak berjalan.

Atas alasan itu, kamu perlu menerapkan pola minum air putih secara teratur. Sebab, air putih adalah cairan yang paling alami untuk menghidrasi tubuh. Air putih tidak mengandung pemanis atau kalori, pewarna dan pengawet.
(FIR)