FITNESS & HEALTH

Begini Cara Kerja Vaksin Covid-19 dalam Melindungi Tubuh

Raka Lestari
Rabu 06 Januari 2021 / 15:37
Jakarta: Penggunaan vaksin covid-19 diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi penyebaran covid-19. Selain itu, proses vaksinasi covid-19 juga diharapkan bisa menghentikan pandemi covid-19 yang sudah terjadi sejaka akhir tahun 2019 lalu. 

Lalu, bagaimana cara vaksin bekerja dalam tubuh untuk melindungi tubuh kita?

“Kita tahu covid-19 ini sudah ada di dunia sejak Desember 2019 dan sudah banyak upaya yang dilakukan sebenarnya tetapi memang dunia belum dapat mengendalikan penyakit ini, karena itulah mulai diperkenalkan vaksin untuk mencegah penyakit itu terjadi,” ujar Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP, MARS, DTM&H, DTCE, praktisi kesehatan di bidang kesehatan baik Nasional maupun Internasional termasauk WHO.

Ia menjelaskan bahwa vaksin memang tujuannya mencegah penyakit, bukan untuk mengobati.

“Sebenarnya kita, semua manusia itu oleh Tuhan sudah diberikan mekanisme yang sangat baik. Kalau ada virus penyebab penyakit, misalnya virus penyebab covid-19 masuk ke dalam tubuh manusia maka tubuh akan membentuk pertahanan namanya antibodi,” ujar Prof. Tjandra dalam acara “QnA Vaksin Covid-19” yang ditayangkan pada laman YouTube Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Akan tetapi, kalau sudah si virusnya yang masuk, tentu ada penyakit yang masuk ke tubuh. Sehingga antibodinya baru timbul setelah penyakitnya masuk. Kenapa kita sebut namanya pencegahan karena vaksin ini adalah bagian dari virus,” ujar Prof. Tjandra.

Ia juga menambahkan, “Jadi virus itu diolah sedemikian rupa, sudah tidak berbahaya lagi bagi manusia atau hanya sebagian kecil dari virus itu yang diambil secara laboratorium, kemudian bagian dari virus itu dimasukkan ke dalam manusia sebagai vaksin,” ujar Prof. Tjandra.

“Karena ada vaksin, antibodi dibuat sehingga sebelum penyakitnya datang antibodi atau kekebalan sudah ada. Kalau nanti belakangan ada penyakitnya masuk, maka si antibodi ini bekerja untuk melawan penyakit itu. Jadi kita sudah punya kekebalan sebelum virus penyakitnya masuk ke dalam tubuh manusia. Itulah prinsip dasar vaksin secara umum, itu juga prinsip dasar vaksin covid-19,” jelas Prof. Tjandra.

Dan menurut Prof. Tjandra, vaksin itu diperlukan untuk mencegah penyakit supaya kita punya kekebalan, serta punya antibodi terhadap penyakit yang akan masuk. 

“Tentu saja vaksinnya harus vaksin yang terjaga mutunya, keamanannya, efektivitasnya, sehingga antibodi yang terbentuk betul-betul cocok untuk menangani virus yang akan masuk,” tutupnya.
(TIN)