FITNESS & HEALTH

Tak Hanya Melawan Depresi, Kurkumin Juga Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kumara Anggita
Jumat 12 Februari 2021 / 10:05
Jakarta: Kurkumin adalah senyawa aktif yang ada di beberapa tumbuhan termasuk di temulawak. Senyawa ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuhmu.

Dikutip dari Healthline, manfaat yang diberikan kurkumin antara lain:
 

1. Anti inflamasi yang bagus untuk mengatasi masalah peradangan


Kurkumin membantu tubuhmu melawan hal-hal asing seperti bakteri dan juga berperan dalam memperbaiki kerusakan. Sumber menunjukkan, kurkumin sangat kuat sehingga bisa memiliki efektivitas yang sama dengan beberapa obat anti-inflamasi.
 

2. Menurunkan risiko penyakit jantung


Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia, dan kurkumin dapat membantu menghambat banyak langkah dalam proses munculnya penyakit jantung.

Mungkin manfaat utama kurkumin dalam hal penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darahmu. Diketahui bahwa disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotel. Satu studi menemukan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan olahraga, sementara penelitian lain juga menunjukkan bahwa kurkumin bekerja sebaik obat Atorvastatin.
 

3. Melawan depresi


Kurkumin telah menunjukkan beberapa harapan menjanjikan dalam pengobatan depresi. Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi diacak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil Prozac, kelompok lain satu gram kurkumin dan kelompok ketiga Prozac dan kurkumin.

Setelah 6 minggu, kurkumin telah menghasilkan perbaikan yang mirip dengan Prozac. Kelompok yang mengonsumsi Prozac dan kurkumin merasakan manfaat yang lebih terasa. Jadi, menurut penelitian kecil ini, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan.

Depresi juga terkait dengan penurunan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus, area otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori. Ada juga beberapa bukti bahwa kurkumin dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.
(FIR)