FITNESS & HEALTH

Keluar Rumah Saat Pandemi, Perlukah Mandi Setelahnya?

Kumara Anggita
Kamis 08 Oktober 2020 / 08:00
Jakarta: Pandemi covid-19 mengharuskan banyak orang melalukan banyak kegiatan secara ketat. Dan walaupun kita sudah kerja dan belajar dari rumah, pergi keluar tetap perlu dilakukan.

Ini karena mungkin kamu perlu belanja bulanan, ke bank, ke pasar, atau melakukan hal penting lainnya. 

Agar aman, jangan lupa untuk melakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat berada di luar. Dan untuk mengurangi risikonya lagi, jangan lupa untuk mandi. 

Menurut dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, dermatologist mandi tetap harus dilakukan setiap kamu keluar. Jangan berfokus pada durasi kamu di luar atau seberapa jauh jarak yang kamu tempuh di luar.

“Harus tetap (mandi) karena kalau kita keluar durasi sebentar dan lama tak menjamin paparan apa yang menempel pada kita,” ujarnya. Pakaian tertutup tidak efektif melindungi kamu di luar.

Lalu bagaiman kalau pakai jilbab dan pakaian tertutup, apakah perlu tetap mandi? Jawabannya iya. Jangan berpikir bahwa membersihkan area yang terpapar saja sudah aman. 

Dr. Fitria menganjurkan agar kamu tetap mandi dan membersihkan semua bagian dari ujung kepala ke ujung kaki setiap datang dari luar.

“Kemudian satu lagi, hijab itu bahannya kain, bukan sesuatu yang tahan terhadap air. Jadi tetap akan masih bisa berisiko. Jadi tetap bersihkan diri kita dengan mandi. Tak ada area-area khusus saja ya,” jelasnya. 

Agar lebih memudahkan kamu, pastikan membuat skejul belanja atau saat kamu keluar rumah. Lakukan sekaligus untuk menghewat waktu keluar rumah serta energi kamu. Dan, jangan lupa mandi keramas hingga bersih ya.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)