FITNESS & HEALTH

5 Kemungkinan yang Bikin Kamu Lelah Terus-menerus

Kumara Anggita
Minggu 04 April 2021 / 16:00
Jakarta: Merasa lelah adalah hal yang wajar ketika hari penuh dengan aktivitas. Namun bagaimana bila rasa lelah ini muncul terus-menerus, seakan kamu ingin tidur sepanjang hari?

Bila ini terjadi, kamu perlu berhati-hati karena rasa lelah bisa muncul karena kondisi medis yang tidak terdiagnosis. Mengutip dari Healthline, jika kelelahan berlanjut lebih dari beberapa hari atau minggu, beberapa kondisi medis bisa berkontribusi antara lain:
 

1. Kekurangan zat besi


Kekurangan zat besi, juga disebut anemia, adalah suatu kondisi yang dapat membuat kamu merasa sangat lelah. Itu karena zat besi menghasilkan sel darah merah, dan tanpa sel darah merah yang cukup, darah kamu tidak dapat memasok organ dengan jumlah oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Gejala lain dari kondisi ini termasuk sesak napas, jantung berdebar-debar, dan pucat.
 

2. Apnea tidur


Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana tenggorokan kamu bisa menyempit atau bahkan menutup selama 10 detik atau lebih saat tidur. Hal ini dapat membuat kamu sulit bernapas, menyebabkan kamu sering terbangun di malam hari karena tubuh bereaksi terhadap aliran udara yang terhenti.

Terbangun di malam hari bisa membuat kamu merasa lelah sepanjang siang hari. Apnea tidur juga dapat menyebabkan kamu mendengkur dan menurunkan kadar oksigen dalam darah. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria paruh baya yang kelebihan berat badan.
 

3. Depresi


Kelelahan adalah gejala umum depresi. Depresi dapat membuat kamu merasa tidak punya tenaga dan bahkan mungkin membuat kamu sulit untuk tertidur atau menyebabkan kamu bangun lebih awal setiap hari. Gejala lain dari gangguan mood ini adalah perasaan putus asa, cemas, gairah seks rendah, nyeri dan masih banyak lagi.
 

4. Diabetes


Kelelahan yang berlebihan adalah salah satu gejala utama diabetes. Kamu mungkin juga merasa sangat haus, lebih sering ke kamar mandi, atau mengalami penurunan berat badan. Karena diabetes disebabkan oleh terlalu banyak gula dalam darah, tes darah mungkin dapat membantu dokter kamu untuk mendiagnosis.
 

5. 'Utang tidur'


Manusia tidak bisa hidup tanpa tidur. Bagi banyak orang, utang tidur adalah penyebab rasa lelah kronis sepanjang hari. Hutang tidur terjadi jika kamu tidak cukup tidur selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan kamu.

(TIN)