FITNESS & HEALTH

Hal-hal yang Perlu diketahui Mengenai Cuci Tangan demi Mencegah Covid-19

Raka Lestari
Kamis 03 Desember 2020 / 11:30
Jakarta: Virus pernapasan seperti penyakit covid-19 dapat menyebar ketika cairan atau droplets yang mengandung virus masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Seringkali, virus tersebut juga bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tangan.

Pada masa pandemi covid-19, salah satu cara termudah, termurah, dan paling penting untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air. Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui:
 

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?


Untuk menghilangkan semua jejak virus di tangan, menggosok tangan dengan sabun dan air terlalu cepat tidak akan efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah 1: Basahi tangan dengan air yang mengalir.
Langkah 2: Aplikasikan sabun secukupnya untuk menutupi tangan.
Langkah 3: Gosok seluruh permukaan tangan, termasuk punggung tangan,, sela-sela jari dan di bawah kuku setidaknya 20 detik.
Lagkah 4: Bilas tangan dengan air secara keseluruhan.
Langkah 5: Keringkan tangan dengan handuk atau kain atau tisu.
 

Berapa lama sebaiknya mencuci tangan?


Kamu harus mencuci tangan setidaknya selama 20 – 30 detik. Cara yang mudah untuk melakukannya adalah dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali.

Hal ini juga berlaku untuk hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dan gosokkan di tangan setidaknya 20 detik.
 

Kapan sebaiknya mencuci tangan?


Untuk mencegah penularan covid-19, kamu harus mencuci tangan pada saat-saat berikut:

- Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
- Setelah mengunjungi tempat publik, termasuk transportasi publik, pasar dan tempat ibadah
- Setelah menyentuh permukaan yang ada di luar rumah, termasuk uang.
- Sebelum, selama, dan setelah merawat orang sakit.
- Sebelum dan sesudah makan.
 

Apakah harus menggunakan air hangat untuk mencuci tangan?


Tidak, kamu bisa menggunakan air dengan suhu berapapun untuk mencuci tanganmu. Air dingin ataupun air hangat sama-sama efektif dalam membunuh virus dan bakteri selama kamu menggunakan sabun.
 

Haruskah menggunakan handuk?


Kuman dan virus akan lebih cepat menyebar pada kulit yang basah, sehingga mengeringkan tangan setelah mencucinya merupakan bagian yang penting. Menggunakan handuk atau kain merupakan cara yang paling efektif menghilangkan kuman.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)