FITNESS & HEALTH

Apakah Memangku Laptop Bisa Menyebabkan Kanker?

Raka Lestari
Jumat 23 Juli 2021 / 16:06
Jakarta: Kebiasaan memangku laptop merupakan hal yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Meskipun idealnya ditaruh di atas meja, ketika sedang bersantai terkadang lebih nyaman jika dilakukan sambil memangku laptop.

Akan tetapi, beberapa orang mungkin percaya bahwa memangku laptop bisa menyebabkan kanker. Radiasi yang dihasilkan dari laptop yang menyala disebut-sebut menjadi penyebab terjadinya kanker. Apakah memang hal tersebut benar adanya?

Dikutip dari laman resmi Cancer Council Australia, bukti ilmiah saat ini menunjukkan tidak ada hubungan antara menggunakan komputer portabel (laptop) dengan kanker. Sebagian besar teori tentang laptop dan kanker berhubungan dengan panas, radiasi elektromagnetik, atau radiasi dari jaringan nirkabel (WiFi).

Satu teori lainnya adalah bahwa pria yang menggunakan laptop di pangkuan mereka berisiko lebih besar terkena kanker testis, karena panas di dekat skrotum yang dapat merusak sel. Memang ada beberapa penelitian yang menunjukkan panas (dari berbagai sumber, bukan hanya laptop) dapat memengaruhi sperma dan kesuburan pria, tetapi tidak ada penelitian yang menghubungkan panas dari laptop dengan kerusakan sel atau kanker.

Ada kasus 'sindrom kulit panggang' (kondisi kulit berbintik-bintik yang disebabkan oleh paparan panas jangka panjang) pada orang yang menggunakan laptop dengan bertumpu pada kaki mereka untuk waktu yang lama. Beberapa mengklaim bahwa kerusakan tersebut berpotensi menyebabkan kanker kulit, tetapi tidak ada bukti untuk membuktikan hal ini.  

Komputer seperti banyak peralatan listrik lainnya, menghasilkan medan listrik dan magnet, namun sebagian besar berada dalam rentang frekuensi yang sangat rendah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kekuatan radiasi dari alat-alat listrik termasuk laptop berada jauh di bawah ambang batas minimal yang diizinkan. Dan tidak ada bukti ilmiah tentang efek kesehatan dari paparan tingkat rendah untuk efek jangka panjang.
(FIR)