FITNESS & HEALTH

Asli Indonesia, Ini 7 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Muhammad Syahrul Ramadhan
Rabu 02 Juni 2021 / 11:01
Jakarta: Temulawak sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.
Kandungan kurkumin dalam temulawak memiliki khasiat sebagai zat bioaktif yang memiliki sifat-sifat seperti antioksidan, antiinflamasi, dan imunomodulator.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menjelaskan sifat-sifat tersebut bermanfaat pada berbagai kondisi kesehatan maupun kondisi yang patologis.

Tanaman asli Indonesia ini memiliki bentuk bentuk mirip dengan kunyit. Temulawak berbentuk seperti silinder dengan diameter enam cm.

Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza awalnya banyak ditemukan tumbuh di hutan jati. Tumbuhan ini biasanya banyak tumbuh di padang alang-alang dan tanah-tanah kering.

Namun, kini ini temulawak banyak dibudidayakan di dataran tinggi dan banyak diolah menjadi obat herbal. Berikut tujuh manfaat temulawak untuk kesehatan yang sudah terbukti:

1. Antiradang

Kandungan senyawa antiradang dalam temulawak bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan antiradang ini dapat membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

2. Antibakteri dan antijamur

Temulawak juga mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur. Antibakteri dalam temulawak efektif mengatasi bakteri jenis Staphylococcus (penyebab penyakit infeksi kulit hingga gangguan saluran pernapasan) dan Salmonella (penyebab Infeksi pada usus dan perut).

Sedangkan, senyawa antijamurnya ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita (kurap).

3. Antispasmodik

Minyak Curcuma xanthorrhiza memiliki manfaat sebagai antispasmodik. Kandungan antispasmodik temulawak bisa menjadi salah satu obat alami yang bisa membantu meringankan gejala irritable bowel syndrome (IBS).

IBS adalah kondisi saat usus besar mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Akibatnya, orang dengan IBS akan mengalami berbagai gejala seperti sakit perut, kembung, diare, kembung, dan sembelit.

4. Antiinflamasi

Kurkumin membantu tubuhmu melawan hal-hal asing seperti bakteri dan juga berperan dalam memperbaiki kerusakan. Sumber menunjukkan, kurkumin sangat kuat sehingga bisa memiliki efektivitas yang sama dengan beberapa obat antiinflamasi.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia, dan kurkumin dapat membantu menghambat banyak langkah dalam proses munculnya penyakit jantung.

Mungkin manfaat utama kurkumin dalam hal penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darahmu. Diketahui bahwa disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotel. Satu studi menemukan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan olahraga, sementara penelitian lain juga menunjukkan bahwa kurkumin bekerja sebaik obat Atorvastatin.

6. Melawan depresi

Kurkumin telah menunjukkan beberapa harapan menjanjikan dalam pengobatan depresi. Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi diacak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil Prozac, kelompok lain satu gram kurkumin dan kelompok ketiga Prozac dan kurkumin.

Setelah enam minggu, kurkumin telah menghasilkan perbaikan yang mirip dengan Prozac. Kelompok yang mengonsumsi Prozac dan kurkumin merasakan manfaat yang lebih terasa. Jadi, menurut penelitian kecil ini, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan.

Depresi juga terkait dengan penurunan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus, area otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori. Ada juga beberapa bukti bahwa kurkumin dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

7. Obat jerawat

Temulawak juga diketahui banyak digunakan dunia kecantikan untuk obat jerawat. Sifat stringent di dalam temulawak bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya.

Sementara, kandungan antiseptik temulawak bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Alhasil, jerawat yang meradang akan berangsur membaik dan sembuh.
(UWA)