FITNESS & HEALTH

Benarkah Mandi dengan Garam Epsom Bermanfaat bagi Kesehatan?

Raka Lestari
Senin 07 Juni 2021 / 09:00
Jakarta: Garam epsom atau magnesium sulfat, adalah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium, belerang, dan oksigen. Ini biasanya dilarutkan dalam bak mandi dan digunakan sebagai pengobatan rumahan karena dikabarkan bahwa menyerap magnesium melalui kulit dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

"Garam epsom telah digunakan selama bertahun-tahun untuk berbagai kondisi mulai dari insomnia hingga sembelit," kata Anne Weisman, PhD, direktur kesehatan dan pengobatan integratif di University of Nevada, Las Vegas. "Manfaat yang diakui dari mandi garam Epsom adalah mengurangi sakit dan nyeri otot, serta meningkatkan relaksasi."

Meskipun dianggap memiliki banyak manfaat, masih belum jelas apakah magnesium benar-benar dapat diserap oleh kulit, kata Gary Soffer, MD, FAAP, dokter di Yale Medicine. “Sayangnya, penelitian yang mendukung temuan ini masih belum dipublikasikan,” tutur Soffer.

"Memang banyak pasien yang melaporkan merasa tenang dan rileks setelah mandi garam Epsom, tetapi saya belum melihat penelitian yang meyakinkan dalam literatur medis, yang menunjukkan bahwa menambahkan garam Epsom ke bak mandi akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada mandi air hangat saja," lanjut Soffer.


(Mandi menggunakan oatmeal juga dapat meredakan gatal pada kulit, sedangkan mandi busa dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Sebuah penelitian kecil pada tahun 2014 menunjukkan bahwa mandi dengan garam Epsom dua hingga tiga kali seminggu dapat dengan aman meningkatkan kadar sulfat dan magnesium dalam tubuh. Namun, jika kamu kekurangan magnesium secara signifikan, konsultasikan dengan dokter tentang cara terbaik untuk menambahnya.

"Garam epsom adalah aditif tambahan saat mandi yang relatif aman tetapi dapat menyebabkan iritasi kulit terutama produk yang mengandung minyak esensial atau bahan lainnya," kata Soffer.

Jangan berendam dalam garam Epsom jika kamu pernah mengalami reaksi alergi atau infeksi darinya, atau jika saat ini kamu memiliki luka terbuka atau luka bakar parah.

Gunakan garam Epsom hanya sesuai petunjuk. Jika tidak, kamu mungkin mengalami mual, diare, atau kram perut karena terlalu banyak magnesium. Berendam di bak mandi lain selain menggunakan  garam Epsom juga bisa bermanfaat. Mandi menggunakan oatmeal juga dapat meredakan gatal pada kulit, sedangkan mandi busa dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak.
(yyy)