FITNESS & HEALTH

Manfaat dari Tidur Barsama Anjing

Kumara Anggita
Sabtu 24 Oktober 2020 / 12:05
Jakarta: Tidur bersama anjing adalah hal yang dilakukan oleh cukup banyak orang yang memelihara anjing. Ini karena tidur dengannya memberikan kenyamanan sendiri yang membuat kamu merasa baik. Tak hanya itu, ada manfaat-manfaat lain yang bisa diambil dari kebiasaan ini.
 

Tidur dengan anjing mungkin tidak menunrukan kualitas tidur kamu


Dikutip dari Healthline, tidur bersama anjing di satu tempat tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu. Ini mungkin karena tempat tidur kamu jadi lebih sempit atau faktor lain. Namun, kamu bisa mengakalinya. 

Sebuah penelitian kecil terhadap orang dewasa menemukan bahwa solusi yang baik mungkin dengan menempatkan tempat tidur anjing di samping tempat tidur kamu. Dengan seperti itu, kualitas tidur kamu tetap terjaga.
 

Tidur dengan anjing memberikan kenyamanan dan keamanan


Sebuah survei 2018 terhadap perempuan dewasa menunjukkan bahwa tidur dengan seekor anjing di tempat tidur dikaitkan dengan kenyamanan dan keamanan. Hal ini tidak didapatkan dari tidur dengan orang lain atau kucing. Ini adalah hal yang menyenangkan, terutama jika kamu merasa kesepian atau terpisah dari anjing kamu hampir sepanjang hari.


Tidur dengan anjing meningkatkan kesehatan mental 


Hewan peliharaan membantu meredakan stres dan kecemasan. Mereka membina hubungan sosial dan emosional, yang dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa interaksi manusia-hewan dapat bermanfaat bagi faktor-faktor terkait stres, seperti:

- Kortisol

- Detak jantung

- Tekanan darah


Ada pula bukti terbatas yang menunjukkan bahwa tidur dengan anjing dapat membantu:


- Mengurangi faktor yang berhubungan dengan stres seperti epinefrin dan norepinefrin

- Agresi yang lebih rendah

- Meningkatkan empati

- Meningkatkan kepercayaan dan kepercayaan pada orang lain.

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa bagi orang dengan masalah kesehatan mental jangka panjang, hewan peliharaan harus dianggap sebagai sumber dukungan utama. Tidur di samping anjing  kamu dapat membantu memperkuat manfaat tersebut.
(YDH)