FITNESS & HEALTH

Ini Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Kanker

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 22 Oktober 2020 / 13:01
Jakarta: Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang tumbuh dengan sangat cepat. Kamu akan terkejut mengetahui bahwa, jenis makanan tertentu dalam makanan sehari-hari kita sebenarnya bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Menurut angka terbaru, satu dari 10 kanker dapat dicegah dengan pola makan yang benar. Dikutip dari Times of India, berikut daftar sembilan makanan dan satu minuman yang harus benar-benar dihilangkan dari pola makanmu, untuk menghindari risiko kanker:
 

1. Roti dan kentang panggang


Jika makanan bertepung seperti roti dan kentang dimasak terlalu lama atau pada suhu tinggi, akan menghasilkan senyawa yang disebut akrilamida. Senyawa ini juga dapat mengubah warna makanan menjadi keemasan. Apabila produksi akrilamida berlebih, dapat meningkatkan risiko kanker.
 

2. Konsumsi alkohol berlebihan


Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi alkohol yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker. Sebab, merusak hati dan meningkatkan jaringan perut, yang menyebabkan kanker paru-paru. Semakin sedikit alkohol yang kamu konsumsi, semakin rendah kemungkinan kamu terkena kanker.
 

3. Berondong jagung dalam microwave


Mudah dibuat dan rasanya enak, tetapi berondong jagung (popcorn) mentega dalam microwave yang nikmat ini mengandung senyawa yang disebut diacytel. Senyawa ini bersifat toksik dan dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Radiasi yang dilepaskan dari gelombang mikro juga menyebabkan agitasi makanan. Kondisi ini, sekali lagi, berbahaya bagi kesehatan kita.
 

4. Minyak


Menurut Dr. Vinay Bhardwaj, Kepala Kesehatan Kuantitatif di Grow-fit, transfast diperoleh setelah perawatan kimiawi ekstensif pada minyak nabati. Bahan ini dikenal ampuh memicu kanker, penyakit jantung, dan gangguan autoimun.

Bahkan, tingkat asam lemak omega-6 yang tidak sehat yang ditemukan dalam minyak terhidrogenasi seperti dalda, membuatnya sangat karsinogenik.
 

5. Keripik kentang dan kentang goreng


Minyak terhidrogenasi digunakan untuk menggoreng keripik kentang dan kentang goreng. Seperti yang telah dibahas, minyak terhidrogenasi memiliki kemampuan menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Tingginya jumlah garam yang digunakan dalam makanan ini juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
 

6. Minuman berkarbonasi


"Minuman ini dibanjiri dengan sejumlah bahan kimia, sirup jagung fruktosa tinggi, dan kadar gula yang tidak sehat serta sama sekali tidak memberikan nilai gizi," jelas Dr. Vinay Bhardwaj.

Kandungan kalori dari minuman tersebut sangat tinggi. Selain itu, juga dapat menyebabkan lonjakan fatal pada kadar insulin.
 

7. Gula halus


Lantaran gula olahan atau rafinasi semakin memadat, maka menjadi salah satu faktor risiko makanan paling ampuh untuk kanker dan beberapa gangguan kesehatan tidak menular lainnya. Sebab, diproses secara kimiawi, dan meningkatkan kadar glukosa darah yang berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker.
 

8. Produk kalengan


Dr. Vinay Bhardwaj juga menyarankan untuk menghindari makanan kalengan. Sebab, dilapisi dengan bisphenol-A, phthalates, dan styrene, yang mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh.

Sementara lingkungan hormonal yang diatur dengan hati-hati sangat penting untuk mencegah pembentukan ganas dalam tubuh. Bahan kimia ini pun mengganggu keseimbangan kritis.
 

9. Produk makanan yang diasap


Daging gosong dan makanan asap disiapkan melalui proses pemanggangan. Hal ini meningkatkan konsentrasi senyawa yang disebut amina aromatik heterosiklik, yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan sel kanker di dalam tubuh.
 

10. Roti bagel


Makanan lezat ini merupakan salah satu makanan putih yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko terkena kanker.

Maka, untuk kesehatan fisik, sertakan makanan yang memiliki indeks glikemik lebih rendah ke dalam makanan Anda. Misalnya, nasi merah, roti gandum, dan sebagainya.
(FIR)