FITNESS & HEALTH

7 Cara Melindungi Kulit dari Perubahan Cuaca

Yuni Yuli Yanti
Senin 11 Januari 2021 / 17:00
Jakarta: Negara kita terkenal dengan kondisi cuaca yang bervariasi. Meskipun, siang hari bisa lembap dan agak panas, namun saat malam hari bisa jadi terasa sangat dingin karena penurunan suhu. 

Nah, untuk melindungi kulit dari perubahan cuaca yang tidak menentu ini kamu perlu beberapa cara, seperti: 
 

Gunakan sunscreen 


Meskipun, suhu dingin padahal panas terik atau cuaca mendung dan hawanya panas, kamu tetap harus menggunakan tabir surya (sunscreen) sebelum beraktivitas pada siang hari. 

Pasalnya, cuaca seperti ini dapat membuat kulitmu relatif lebih dehidrasi dan ada kemungkinan lebih besar sinar UV matahari lebih merusak daripada selama hari-hari musim panas. Gunakan tabir surya berbahan krim agar tidak cepat kering. 
 

Eksfoliasi setiap hari 


Musim dingin menyebabkan kulit mati dan kering. Sehingga, kulitmu terlihat kusam, kering dan gelap. Oleh karena itu, lakukan eksfoliasi setiap hari dengan exfoliator yang lembut. Kamu dapat memilih exfoliator alami seperti bubuk kopi dengan minyak kelapa murni atau bubuk lada hitam yang dicampur dengan madu. Jika menggunakan produk buatan, pilih yang memiliki pelembap di dalamnya.
 

Pakai moisturizer (pelembap) yang tepat


Tentukan jenis kulitmu lalu gunakan pelembap. Kulit wajahmu mungkin menggunakan pelembap yang relatif lebih ringan, tetapi tubuh membutuhkan sesuatu yang berat dan tahan lama.

Pastikan pelembap yang kamu pilih untuk wajah tidak terlalu berat dan berminyak agar tidak menumpuk partikel debu, yang akhirnya menimbulkan masalah jerawat yang menyakitkan.


kopi
(Kamu bisa menggunakan bubuk bekas kopi tanpa gula dengan minyak zaitun sebagai bahan eksfoliasi kulit. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

Gunakan air hangat


Meskipun, ahli kulit menyarankan untuk menghindari air hangat saat mandi (kecuali saat kamu hanya ingin berendam di bak mandi yang beruap), memilih air hangat untuk mandi dan mencuci muka sangat penting untuk melembutkan kulit mati dan sel kulit kering. 

Sehingga bisa dibersihkan dengan cara yang lebih mudah. Pilihlah produk pembersih tubuh dan pembersih wajah yang melembapkan setelah mandi dengan air hangat.
 

Humidifier ruangan


Gunakan pelembap ruangan selama musim dingin, terutama saat cuaca kering. Ini membantu melembapkan kulit sangat kering. Selain itu, memasangkannya dengan pemanas dalam cuaca yang sangat dingin akan membantu mengatur sirkulasi darahmu.
 

Minum banyak air


Pada musim dingin, kita tidak terlalu haus karena kita hampir tidak berkeringat tetapi kita cenderung lebih sering buang air kecil. Selama musim ini, secara alami kita 'lupa' untuk minum air terlalu banyak sehingga 'kuota air ideal dalam sehari' tidak terpenuhi. 

Hal ini mengakibatkan pengeringan sel kulit, masalah keasaman, gangguan pencernaan, otot kaku, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan kamu minum cukup banyak air. 
 

Latihan/olahraga


Berolahraga selama musim dingin adalah suatu keharusan. Ini akan membuatmu cukup berkeringat sehingga pori-pori kulit tidak tersumbat dan berjerawat.

Juga, membantu kulit mempertahankan kilau alami yang luar biasa, dan membantu mengatur sirkulasi darah, yang juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Setelah berolahraga, pastikan kamu mengonsumsi banyak cairan dan nutrisi.
(TIN)