FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Kamu Punya Tanaman di Dalam Ruangan

Kumara Anggita
Selasa 27 Juli 2021 / 21:44
Jakarta: Tanaman adalah salah satu hal yang dengan mudah membuat ruangan kamu tampak indah dan nyaman. Namun, siapa yang sangka ternyata meletakkan tanaman di dalam memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan mental kamu.

Dilansir dari Halodoc, menghabiskan waktu dengan “menikmati” tanaman bisa membantu meningkatkan suasana hati sampai mengurangi agresi atau perasaan marah. Nah, berikut beberapa manfaat tanaman dalam ruang lainnya yang perlu kamu ketahui yang dikutip dari Healthline.
 

1. Bisa membantu mengurangi tingkat stres


Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor dapat membuat kamu merasa lebih nyaman, tenang, dan alami. Para peneliti menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.


tanaman
(Tak hanya indah, tanaman juga bisa membuat pandangan kamu lebih fokus dan lebih perhatian lho! Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Dapat mempertajam perhatian 


Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di ruang kelas dengan tanaman palsu, asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali. 

Pemindaian otak peserta menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan tanaman hidup nyata di kelas lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain. Jadi bagus banget kan kalau di ruanganmu ada tanaman?
 

3. Bekerja dengan tanaman bisa menjadi terapi


Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, berkebun dalam ruangan dapat membantu. Peneliti telah menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan sejahtera di antara orang-orang dengan depresi, kecemasan, demensia, dan kondisi lainnya. Saat ini Klinik medis di Manchester, Inggris sekarang "meresepkan" tanaman pot untuk pasien dengan gejala depresi atau kecemasan.
 

4. Tanaman dapat meningkatkan produktivitas


Berbagai penelitian telah menemukan bahwa tanaman di ruang kerja meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Satu studi yang sering dikutip dari tahun 1996 menemukan bahwa mahasiswa di laboratorium komputer kampus bekerja 12 persen lebih cepat dan kurang stresnya ketika tanaman ditempatkan di dekatnya.
(TIN)