FITNESS & HEALTH

Asli Indonesia, Ini 7 Manfaat dari Temulawak

Kumara Anggita
Kamis 10 Juni 2021 / 20:41
Jakarta: Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Ini sudah terbukti melalui banyak penelitian. Ini berkhasiat tinggi karena kandungan di dalamnya. 

Sumber menunjukkan bahwa temulawak kaya akan nutrisi seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang perlu kamu ketahui tentang temulawak dikutip dari berbagai sumber:
 

1. Antioksidan 


Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang berfungsi sebagai zat aktif antiperadangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit. Temulawak membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.
 

2. Bagus untuk pencernaan 


Kandungan serat juga kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Ini cocok digunakan untuk kamu yang lagi punya masalah sembelit akhir-akhir ini.
 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh


Temulawak juga populer dengan khasiatnya yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 


temulawak
(Kamu bisa kreasikan temulawak dengan bahan lainnya sesuai dengan keinginan kamu. Dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

4. Antibakteri dan antijamur


Manfaat temulawak yang dapat kamu temukan adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.
 

5. Cocok untuk peradangan 


Ini juga cocok untuk dijadikan obat anti peradangan. Tanpa peradangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah masuk ke tubuh dan menciptakan penyakit. Temulawak memiliki senyawa yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.
 

6. Menurunkan kolesterol


Masalah kolesterol juga bisa dibantu dengan temulawak. Kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL).
 

7. Mengatasi stres


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa temulawak efektif menghindari kamu dari depresi. Manfaat temulawak atau kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa temulawak atau jamu temulawak dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.
(TIN)