FITNESS & HEALTH

5 Makanan yang Dapat Memperlambat Penuaan Tubuh

Raka Lestari
Sabtu 27 November 2021 / 17:11
Jakarta: Penuaan merupakan salah satu hal yang normal dan pasti terjadi pada tubuh manusia. Namun sebenarnya kamu bisa mencegah hal tersebut dengan berbagai cara, seperti berolahraga dan menjaga pola makan setiap hari.

Pola makan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan, karena akan memiliki dampak yang cukup besar bagi tubuh. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dianggap dapat mencegah penuaan:
 

1. Kacang polong


Mengonsumsi kacang polong atau jenis kacang-kacangan lainnya dapat memperlambat penuaan pada tingkat sel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ, para peneliti menganggap kandungan serat dan antioksidan di dalamnya yang bermanfaat untuk mencegah penuaan.
 

2. Walnut


Menurut penelitian yang dipublikasikan di BMC Medicine, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan, terutama walnut sebanyak 3 kali seminggu atau lebih akan memperpanjang umurnya sekitar 2-3 tahun. Orang-orang yang rutin mengonsumsi kacang walnut secara signifikan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, yang merupakan dua penyakit berbahaya yang sering dihadapi seiring dengan bertambahnya usia.
 

3. Wortel


Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow menemukan bahwa karotenoid yang memberi warna oranye terang pada wortel dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, wortel juga dapat membuat tubuh tetap terlihat ramping, karena tidak mengandung lemak.
 

4. Ikan sarden


Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, asam lemak Omega-3 yang terdapat dalam ikan sarden dapat bermanfaat untuk memperpanjang umur. Kandungan itu juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Satu porsi ikan sarden kalengan dapat memenuhi setengah dari kebutuhan harian tubuh akan omega-3, dan hampir 400 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin B12.
 

5. Kelapa


Kelapa terkenal akan kandungan lemak sehatnya. Kandungan asam lemak rantai menengah yang ditemukan dalam buah kelapa dapat memperlambat penuaan otak dengan melindungi DNA dari kerusakan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen. 
(FIR)