FITNESS & HEALTH

Segera Lapor Bila Gejala Ini Muncul Setelah Vaksin Covid-19

Kumara Anggita
Rabu 05 Mei 2021 / 18:30
Jakarta: Sejumlah orang melaporkan gejala muncul setelah mendapatkan vaksin covid-19. Gejalanya bisa ringan, sedang atau bahkan parah.

Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, SpA (K), M.TropPaed, Ketua KOMNAS KIPI menjelaskan bahwa umumnya, orang mengalami gejala ringan seperti sakit kepala, lemas, atau pembengkakan di tempat suntikan. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir. KIPI sendiri adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

“Sakit kepala ada (ditemukan) 50 persen, mual ditemukan ada 20 persen, nyeri otot 40 persen, nyeri sendi ditemukan 20 persen, lemas 50 persen, tidak bergairah 40 persen, demam sampai menggigil 30 persen, nyeri di tempat suntik 40 persen, pembengkakan di tempat suntikan ada 60 persen,” jelasnya dalam media briefing terkait Persiapan Vaksin Astra Zeneca di DKI Jakarta.

Namun ada pula yang mungkin mengalami gejala yang membutuhkan penanganan khusus. “Gejala yang harus diperhatikan antara lain sesak, nyeri dada, sakit perut, sakit kepala, pandangan buram. Segera lapor. Jangan lapor di sosmed tapi di belakang kartu (ada nomor) untuk segera dilakukan pertolongan,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa gejala parah jarang dialami. Karena itu, vaksin tetap baik untuk dilakukan.

“Manfaat (yang diterima) jauh lebih besar daripada risiko,” katanya. “Keamanan vaksin itu merupakan hal yang penting. Karena itu, laporan diperlukan, pemantauan tetap dilakukan,” ringkasnya.

(TIN)