FITNESS & HEALTH

5 Bahan Alami untuk Meredakan Asam Urat

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 19:06
Jakarta: Asam urat adalah penyakit yang bikin kamu merasa nyeri. Dan kalau kambuh, kamu akan tidak nyaman menjalani aktivitas.

Dikutip dari Healthline, masalah ini bisa dikurangi dengan menerapkan pengobatan rumahan. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di rumah seperti:
 

1. Magnesium


Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa orang mengklaim bahan tersebut baik untuk asam urat, karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis di tubuh.

Studi pada 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat. Sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Penelitian mengatakan bahwa ini berlaku hanya untuk pria tetapi tidak untuk perempuan.
 

2. Jahe


Jahe adalah tumbuhan dan ramuan yang diresepkan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk mengobati asam urat telah didokumentasikan dengan baik. Satu studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat pada asam urat.

Buat kompres atau pasta jahe dengan merebus air dengan satu sendok makan jahe segar parut. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan waslap ke area yang kamu rasakan nyeri, setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit.
 

3. Biji seledri atau seledri


Seledri adalah makanan yang secara tradisional digunakan untuk mengatasi masalah saluran kencing. Belakangan, ekstrak seledri dan bijinya menjadi obat tradisional rumahan yang populer untuk asam urat.

Penggunaan eksperimental terdokumentasi dengan baik. Meskipun penelitian ilmiah masih sedikit. Diperkirakan seledri dapat mengurangi peradangan.
 

4. Apel


Situs Natural health merekomendasikan apel sebagai bagian dari diet pengurang asam urat. Situs ini mengklaim bahwa apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat.
 

5. Pisang


Pisang dianggap baik untuk asam urat. Mereka kaya kalium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.
(FIR)