FITNESS & HEALTH

5 Cara Menyimpan Obat yang Aman dan Tepat

Kumara Anggita
Rabu 09 Juni 2021 / 17:00
Jakarta: Setiap rumah pasti memiliki kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Mulai dari obat-obatan hingga peralatan untuk mengobati luka. Namun, sayangnya seringkali kotak P3K tidak disimpan dengan baik. Padahal, ini adalah barang yang sangat penting lho!

Nah, untuk mengorganisir dan menata isi kotak P3K dengan aman dan tepat, kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini:

 

1. Keluarkan dari lemari kamar mandi


Hanya karena obat ada dalam botol tidak berarti ini sudah aman dan tidak berbahaya. Faktor lingkungan luar seperti panas, cahaya, dan kelembapan masih dapat merusaknya. Sebagian besar obat-obatan tidak boleh disimpan di lemari kamar mandi, karena mandi air panas, shower, dan bak cuci membuat kamar mandi selalu lembap. Cari tempat yang sejuk dan kering untuk menyimpannya, seperti di kotak penyimpanan di laci meja rias atau di bagian atas lemari pakaianmu.

 

2. Jauhkan dari pandangan dan jangkauan anak-anak


Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, ini membuat mereka jadi ingin coba apapun yang ada di depannya, termasuk obat. Jadi, simpanlah di tempat yang tidak terjangkau anak. Mungkin kamu bisa meletakkannya di tempat yang tinggi.

 

3. Jangan letakkan obat di mobil


Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah meninggalkan obat di dalam mobil yang diparkir, yang dapat menjadi panas atau dingin dalam hitungan menit. Jadi, setelah beli obat dari apotek langsung simpan di rumah ya.


(Atur obat dan peralatan luka dengan nama dan keterangan yang jelas. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Letakkan obat cair di kulkas


Formulasi cair, seperti sirup dan suspensi, dapat mendukung pertumbuhan mikroorganisme.Karena pertumbuhan mikroba dihambat oleh pendinginan, buat obatmu berada di kulkas saja. Untuk obat-obatan yang memerlukan pendinginan, harap simpan di area di dalam kulkas yang mempertahankan suhu yang konsisten.

 

5. Atur obat nama dan keterangan yang jelas


Jika kamu menyimpan obat dalam wadah pil, beri label dengan nama obat, dosis, frekuensi, dan tanggal kedaluwarsa. Ini akan membuat kamu jadi terhindari dari salah minum obat.
(yyy)