FITNESS & HEALTH

5 Cara Kurangi Keluhan Kembung di Pagi Hari

Kumara Anggita
Kamis 10 Juni 2021 / 19:42
Jakarta: Kembung di pagi hari tentunya tak enak ya. Rasa penuh tidak nyaman ini bisa membuat kamu jadi tidak optimal menjalani aktivitas. Penyebabnya bisa beragam. 

Dikutip dari Healthline, ini bisa terjadi karena kamu makan dalam porsi besar, terutama sebelum tidur, makan terlalu cepat, makan terlalu banyak serat, kurang minum air putih, haid dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain:
 

1. Perubahan pola makan untuk mengurangi kembung


Makan terlalu banyak kacang-kacangan, sayuran silangan dapat menyebabkan kembung di pagi hari, terutama jika kamu mengonsumsi makanan ini pada malam sebelumnya. 

Makan makanan kecil sepanjang hari dan menghindari makan sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi perut kembung. Mengurangi natrium juga telah terbukti mengurangi perut kembung. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa kembung dari diet tinggi serat dapat dikurangi dengan mengurangi makanan tinggi natrium.

Jika kamu mencurigai adanya intoleransi makanan, akan sangat membantu jika kamu memiliki buku harian makanan untuk dibagikan dengan dokter. Jangan memotong nutrisi penting tanpa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.


teh
(Minum teh herbal dapat membantu kamu mengurangi rasa kembung. Namun, ingat ya konsumsi sehat teh tanpa gula untuk hasil yang maksimal. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Minum teh herbal


Selain meningkatkan asupan air, minum teh herbal tertentu dapat membantu meringankan kembung. Herbal jintan, kamomil, ketumbar, adas, permen kunyit.
 

3. Pertimbangkan enzim pencernaan


Suplemen enzim pencernaan dapat membantu beberapa orang yang tidak memiliki cukup enzim di saluran pencernaan mereka. Enzim ini biasanya membantu kamu memecahkan makanan yang kamu makan dan mengekstrak nutrisinya. Tanpa mereka, malnutrisi, kembung, dan efek samping lainnya dapat terjadi.

Jika kamu penasaran dengan enzim pencernaan, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu. Mereka dapat membantu kamu menentukan apakah kembung dan gejala lainnya mungkin terkait dengan kekurangan enzim dan merekomendasikan produk yang tepat untuk kamu.
 

4. Latihan rutin


Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan pencernaan, sehingga mengurangi risiko kembung. Namun, bahkan aktivitas singkat sepanjang hari dapat membantu. Satu studi kecil tahun 2021 menemukan bahwa berjalan ringan selama 10 hingga 15 menit setelah makan membantu mengurangi kembung kronis pada peserta.
 

5. Mengatasi kondisi medis yang mendasarinya


Jika kamu memiliki kondisi medis yang mendasarinya, seperti penyakit usus, perubahan pola makan dan gaya hidup mungkin tidak cukup untuk membantu mengatasi kembung kronis. Penting untuk berbicara dengan dokter untuk kemungkinan modifikasi dan pengujian perawatan.

(TIN)