FITNESS & HEALTH

5 Jenis Kanker yang Diawali dengan Gejala Sakit Pinggang

Raka Lestari
Sabtu 04 Desember 2021 / 12:13
Jakarta: Sakit pinggang merupakan keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Biasanya sakit pinggang tidak menandakan suatu kondisi yang serius, dan terkadang sakit pinggang tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, meskipun memang jarang terjadi ternyata sakit pinggang bisa juga menjadi pertanda adanya kanker. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah jenis-jenis kanker yang terkait dengan sakit pinggang:
 

1. Tumor tulang belakang


Tumor tulang belakang dapat tumbuh di tulang belakang atau di selaput pelindung di sekitar sumsum tulang belakang. Tulang belakang adalah sumber umum untuk metastasis tulang, di mana kanker dimulai di satu lokasi dan menyebar ke tempat lain.

Menurut American Association of Neurological Surgeons (AANS), dari 30 hingga 70 persen penderita kanker, kanker mereka akan menyebar ke tulang belakang dan menyebabkan sakit pinggang.
 

2. Kanker paru-paru


AANS melaporkan bahwa kanker paru-paru adalah salah satu kanker paling umum yang menyebar ke tulang belakang. Tumor paru-paru juga dapat menekan tulang belakang, memengaruhi transmisi saraf ke punggung bawah.

Seseorang dengan kanker paru-paru mungkin dapat mengalami gejala seperti mudah lelah, sesak napas, dan batuk berdahak bercampur darah selain sakit pinggang.
 

3. Kanker payudara


Sakit pinggang adalah gejala kanker payudara yang jarang tetapi mungkin terjadi. Kanker payudara biasanya bermetastasis ke tulang belakang juga. Seperti kanker paru-paru, beberapa tumor kanker payudara dapat menekan saraf yang juga menjalar ke tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit.
 

4. Saluran pencernaan


Kanker lambung, usus besar, dan rektum semuanya dapat menyebabkan sakit pinggang bawah. Rasa sakit ini menyebar dari lokasi kanker ke punggung bawah. Seseorang dengan jenis kanker ini mungkin memiliki gejala lain, seperti penurunan berat badan secara tiba-tiba atau darah dalam tinja mereka.
 

5. Darah dan jaringan


Kanker darah dan jaringan seperti multiple myeloma, limfoma, dan melanoma semuanya dapat menyebabkan sakit pinggang di bagian bawah.
 

6. Jenis kanker lainnya


Jenis kanker lain yang dapat menyebabkan sakit pinggang di antaranya adalah kanker ovarium, ginjal, tiroid, dan prostat.
(FIR)