FITNESS & HEALTH

3 Cara Menekan Penularan Covid-19 Varian Omicron

A. Firdaus
Jumat 11 Februari 2022 / 19:39
Jakarta: Indonesia sedang dilanda gelombang ketiga Covid-19, dengan kasus Varian Omicron paling mendominasi. Varian ini memiliki tingkat penularan yang sangat cepat dibandingkan dengan Varian Delta.

Kendati memiliki penularan yang cepat, pasien yang terpapar Covid-19 Varian Omicron bergejala ringan dibandingkan dengan varian lainnya.

"Namun spektrumnya memang sebagian besar bergejala ringan hampir 80%, meski sampai 20% ada juga yang bergejala sedang, berat bahkan ada yang sampai meninggal dunia,” jelas Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI dalam keterangan persnya.

Meski begitu, Prof. Tjandra mewanti-wanti apabila jumlah kasusnya meningkat tinggi sekali, maka tentu yang dirawat di rumah sakit bisa juga tinggi, sehingga kamu perlu menyikapinya dengan bijak dengan membatasi kegiatan sosial mereka dan
memperketat protokol kesehatan.

"Amerika sudah membandingkan data antara kasus Omicron dan Delta, dan perbandingannya kasus 5 kali lebih banyak dari Delta. Karena jumlahnya lima kali lebih banyak, pasien rumah sakit menjadi 1,8 kali lebih banyak daripada kasus Delta," jelas Prof. Tjandra.

Cara yang paling penting saat ini adalah pencegahan dan penguatan 3T, serta perluasan cakupan vaksinasi. Vaksinasi menurut Prof. Tjandra, jelas bermanfaat untuk mencegah pasien yang terinfeksi Omicron bergejala berat dan masuk rumah sakit.

Masyarakat diimbau apabila merasakan gejala, jangan ragu untuk melakukan tes. Lalu begitu diketahui hasilnya positif, isolasi mandiri harus dilakukan. Isolasi mandiri dievaluasi setiap hari, akan lebih baik untuk dilakukan petugas kesehatan melalui telemedisin.

"Pengawasan dan dukungan keluarga memang sangat penting. Setelah satu minggu dites ulang untuk memastikan sudah negatif atau belum,” terang Prof. Tjandra menceritakan pengalamannya menangani anggota keluarga saat isolasi mandiri.

Sebagian besar pasien Covid-19 Omicron ini diakui Prof. Tjandra akan baik-baik saja, tapi jangan abai untuk monitor pasien isolasi mandiri ini, kalau-kalau ada gejala yang lebih parah agar cepat ditangani.

Hal paling penting untuk dilakukan saat ini adalah mempercepat vaksinasi lansia di Indonesia, karena cakupannya yang masih perlu diperluas lagi dan merupakan kelompok paling berisiko saat terinfeksi virus ini.

"Ada tiga upaya untuk menekan penyakit Covid-19. Sudah jelas secara ilmiah terbukti pembatasan sosial, testing dan telusur, serta vaksinasi akan efektif menekan penularan. Masyarakat harus memperketat protokol kesehatan karena varian Omicron lebih menular dari varian sebelumnya," tegas Prof. Tjandra.
(FIR)