FITNESS & HEALTH

5 Asupan Terbaik untuk Menjaga Tulang dari Penuaan

Raka Lestari
Selasa 05 April 2022 / 16:12
Jakarta: Seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan tulang akan semakin berkurang. Untuk menjaganya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Termasuk juga memilih sumber-sumber makanan yang bisa membantu agar tulang tidak cepat mengalami penuaan.

Berikut ini adalah berbagai sumber makanan yang bisa membantu dalam menjaga tulang dari penuaan:
 

1. Telur


Telur tidak hanya dianggap sebagai standar emas untuk protein berkualitas tinggi, telur juga merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin D berperan penting bagi tulang untuk menyerap dan mempertahankan kalsium.

Kita membutuhkan setidaknya 10 mikrogram (400 UI) vitamin D sehari. Telur berukuran sedang menyediakan sekitar 5% dari total vitamin D yang kita butuhkan setiap hari. Pastikan untuk makan kuning telur karena di situlah vitamin D ditemukan.
 

2. Susu atau alternatif susu


Susu beserta produk turunannya merupakan sumber kalsium dan vitamin D terbaik, yang merupakan pasangan sempurna untuk kesehatan tulang. Secangkir susu mengandung 300 miligram atau 30% kalsium harian, 15% vitamin D, dan 10% kebutuhan kalium harian.

Bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi, bisa memilih susu alternatif yang terbuat dari sumber nabati. Dan ketika memilihnya, pastikan untuk mencari yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.
 

3. Greek yogurt


Greek yogurt adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang, berkat kalsium dan protein yang dikandungnya. Yogurt terbuat dari susu, jadi tidak mengherankan jika ini adalah pilihan yang bagus untuk nutrisi pendukung tulang.

Greek yogurt juga menyediakan magnesium dan fosfor, dua nutrisi pendukung tulang yang penting. Carilah jenis Greek yogurt yang diperkaya dengan vitamin D.
 

4. Jamur


Jamur kaya akan vitamin D, salah satu nutrisi terpenting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium sehingga dapat membantu menyediakan matriks yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara jaringan tulang.
 

5. Jus jeruk fortifikasi


Beberapa jenis jus jeruk diperkaya dengan vitamin D yang tinggi. Bentuk kalsium dan vitamin D yang digunakan dalam jus jeruk juga dianggap sangat mudah diserap dan penelitian menunjukkan bahwa, memasukkan produk yang diperkaya ini ke dalam diet harian dapat membantu meningkatkan nutrisi penting ini ke dalam tubuh.
(FIR)