FITNESS & HEALTH

Vaksinasi Jadi Modal Penting Percepat Pemulihan Aktivitas Anak

A. Firdaus
Sabtu 22 Januari 2022 / 21:28
Jakarta: Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah mulai berjalan di beberapa daerah. Program ini begitu penting, mengingat anak butuh untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan sekolah.

Pembelajaran Tatap Muka yang telah berlangsung mulai Januari ini, menjadi salah satu aktivitas mereka di tengah pandemi ini. Untuk itu, vaksinasi menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak.

"Anak-anak Indonesia merupakan masa depan bangsa yang perlu kita dukung dan lindungi bersama agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam dalam seremoni pembukaan Sentra Vaksin Generasi Maju hasil Kolaborasi Danone Indonesia dan Indomaret.

"Di masa pandemi ini, vaksinasi pada anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran," sambungnya.

Selain itu menurut dr. Nadia, vaksinasi untuk anak merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan diri mereka dan lingkungan sekitar dari terpapar virus corona, di manapun mereka berada.

"Kami sangat menyambut positif kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia demi tercapainya Herd Immunity," kata dr. Nadia.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak, termasuk pihak kolaborasi ini melalui Sentra Vaksin Generasi Maju ini, untuk memastikan proses vaksinasi anak dapat berjalan dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan demi Indonesia Bangkit," tegasnya.

Sentra Vaksin Generasi Maju ini dilakukan di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Tiga kota besar tersebut masih menjadi fokus pemerintah dalam pengendalian kasus Covid-19.

Seperti yang dikutip dari laman covid-19.go.id, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya masuk dalam 10 daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi, di mana DKI Jakarta sebesar 20,4% (870.362 kasus), Jawa Timur sebesar 16,6% (400.335 kasus) dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 3,7% (157.067 kasus).
(FIR)