FITNESS & HEALTH

Ladies, Ini 5 Hidangan yang Dapat Mengurangi Gejala PMS

Kumara Anggita
Kamis 22 Juli 2021 / 11:00
Jakarta: Sindrom pra-menstruasi atau lebih dikenal PMS adalah sekelompok gejala yang kerap kali muncul ketika masa ovulasi atau mentruasi pada wanita. Mood bisa naik turun, nyeri, lelah, kembung dan masih banyak lagi.

Selain istirahat dan mengompres perut dengan air hangat, untuk mengatasi rasa tidak nyaman ini, kamu juga bisa mengganti camilanmu dengan makanan yang lebih sehat. Dikutip dari Everyday Health, ada beberapa camilan yang bisa membantu mengurangi gejala PMS, diantaranya:

 

1. Yogurt rendah lemak


Saat kamu lapar dan ingin camilan yang mengenyangkan serta bergizi tinggi, kamu bisa memilih yogurt. Secangkir yogurt rendah lemak atau bebas lemak adalah sumber kalsium yang sangat baik.

“Saya menganggap makanan kaya kalsium merupakan keharusan mutlak bagi wanita dengan PMS,” kata Joy Bauer, MS, RD, CDN, selaku Ahli Nutrisi.

Dan ada ilmu untuk mendukungnya. Menurut sebuah studi bersama oleh para peneliti dari University of Massachusetts di Amherst dan lembaga lainnya, yang menganalisis asupan kalsium dan vitamin D dari hampir 3.000 perempuan, makan makanan dengan produk susu kaya kalsium, terutama yang mengandung vitamin D, menurunkan risiko PMS sebanyak 40 persen.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

 

2. Pisang


Tambahkan pisang ke dalam diet PMS-mu. Pisang kaya akan vitamin B6 dan potasium, yang dapat menghentikan kamu menahan air dan merasa kembung karena PMS. Terlalu sedikit potasium dapat menyebabkan kram otot yang tentunya hal yang sering mengganggu saat PMS muncul.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Teh Chamomile


Bauer merekomendasikan teh chamomile karena memiliki sifat yang dapat membantu meredakan kejang otot dan mengurangi keparahan kram menstruasi. Secangkir teh chamomile alami bebas kafein yang hangat dapat menenangkan saat PMS menyerang, mengurangi kecemasan dan iritabilitas yang dapat disebabkan oleh perubahan hormonal pada hari-hari menjelang menstruasi.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Kacang


Kacang tanah dan selai kacang adalah salah satu makanan terbaik untuk vitamin B6 dan magnesium. “Makanan kaya magnesium adalah yang kedua setelah makanan kaya kalsium untuk meningkatkan peluang kamu untuk mengurangi gejala PMS,” kata Bauer.

Magnesium membantu mengatur serotonin, salah satu bahan kimia perasaan baik di otak. Selain itu, mendapatkan magnesium ekstra dapat membantu menenangkan suasana hati dan mencegah kembung.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Telur


Telur dapat membantu melawan PMS karena merupakan sumber vitamin D, B6, dan E yang baik. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 116.000 perawat menunjukkan bahwa diet kaya vitamin D, diet kaya vitamin B dapat mengurangi gejala PMS. 

“Vitamin E adalah nutrisi lain yang dapat menghilangkan gejala PMS. Vitamin-vitamin ini membantu mengendalikan bahan kimia otak yang dapat menyebabkan PMS,” kata Mache Seibel, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of Massachusetts Medical School dan pakar kesehatan dan nutrisi perempuan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)