FITNESS & HEALTH

Musim Hujan Tiba, Ini 5 Olahraga Indoor yang Bisa Buat Anda Tetap Fit

Muhammad Syahrul Ramadhan
Selasa 14 September 2021 / 13:04
Jakarta: Aktivitas olahraga di luar ruangan seperti berlari atau bersepeda akan sulit terganggu Memasuki musim hujan, . Namun, bukan berarti itu menjadi alasan untuk tidak berolahraga.

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini menjadi penting saat Indonesia tengah dilanda pandemi dan perubahan cuaca.

Karena itu, Anda sebaiknya tidak berhenti berolahraga dan tetap melakukannya di dalam ruangan saat hujan. Berikut lima olahraga yang cocok dan bisa dilakukan di dalam ruangan agar tubuh tetap fit:

1. Aerobik

Senam aerobik bisa jadi pilihan olahraga Anda selama musim hujan. Jika malas pergi ke pusat kebugaran karena hujan, olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Pasang musik dan ikuti iramanya. Aerobik dapat meningkatkan fungsi jantung, menjaga stamina tubuh, dan mengurangi berat badan.

2. Yoga

Sama seperti aerobik, Anda tetap bisa yoga di rumah. Selain meningkatkan kebugaran, yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan tubuh, menambah kekuatan, dan kelenturan tubuh.

3. Skipping atau lompat tali

Bermodal tali skipping, anda

Olahraga ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kapabilitas, mengencangkan otot, menambah tinggi badan, dan mencegah osteoporosis.

4. Squat jump atau lompat kodok

Squat jump dilakukan dengan memberikan tekanan pada otot paha dan betis. Gerakan olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Squat jump bermanfaat untuk membentuk otot tubuh, membangun energi pada otot, membentuk pinggul, dan mengoptimalkan pembakaran lemak.

5. Naik-turun tangga atau kursi

Jika di rumah Anda ada tangga, manfaatkan untuk melatih otot kaki. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Oregon State University membuktikan bahwa naik-turun tangga berpengaruh baik terhadap tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

Naik-turun tangga membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Bila di rumah tidak ada tangga, gunakan kursi yang kokoh.
(RUL)