FITNESS & HEALTH

Cegah Covid-19, Yuk Potong Kuku!

Raka Lestari
Selasa 08 Juni 2021 / 10:00
Jakarta: Dengan belum berakhirnya pandemi covid-19 di seluruh dunia, para ahli menyarankan masyarakat untuk lebih memerhatikan kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan, membersihkan peralatan rumah tangga dengan cairan disinfektan, dan sebisa mungkin tidak keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak.

Salah satu cara pencegahan covid-19 lainnya yang belum banyak diketahui adalah dengan menjaga agar kuku tangan kamu tetap pendek. Dr. Neha Pathak, seorang dokter perawatan primer bersertifikat yang berfokus pada pengobatan internal dan gaya hidup, menjelaskan bagaimana cara untuk merawat kuku selama pandemi covid-19 ini.

Ia mengatakan bahwa kuku yang panjang dapat menyembunyikan kuman, namun memang masih belum diketahui secara pasti berapa lama virus tersebut dapat bertahan pada kuku dan kulit. “Penting untuk diketahui bahwa kita masih mempelajari mengenai virus ini. Virus ini baru dipelajari sekitar tiga sampai empat bulan,” ujar Dr. Pathak.


(Salah satu cara pencegahan covid-19 lainnya yang belum banyak diketahui adalah dengan menjaga agar kuku tangan kamu tetap pendek. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


"Kuku benar-benar dapat menampung kuman dan memungkinkan penyebaran. Kita belum tahu berapa lama covid-19 dapat hidup di kulit dan kuku kita, tetapi tentu saja cukup lama untuk memungkinkan penyebaran jika kita tidak membersihkan tangan dan kuku dengan benar,” tambahnya. 

Dr. Pathak juga menyarankan agar orang-orang menjaga kuku tidak mencapai bagian atas ujung jari, jika sudah melebihi ujung jari sebaiknya kuku dipotong. Ia juga merujuk pada panduan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang merekomendasikan agar pekerja rumah sakit memangkas kuku mereka.


(Membuang cat kuku yang sudah terkelupas dari kuku juga mengurangi risiko kuman untuk bersembunyi di celah-celah cat kuku tersebut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) 


“CDC sebenarnya merekomendasikan agar para penyedia layanan kesehatan tidak membiarkan kuku mereka terlalu panjang atau menggunakan kuku palsu karena kuman dapat tetap hidup di celah-celah kuku bahkan setelah mencuci tangan. Sangat penting untuk membersihkan secara menyeluruh di sekitar dan di bawah kuku jarimu," tuturnya. 

Pathak juga merekomendasikan agar orang segera membersihkan cat kuku yang sudah terkelupas dari kuku.

“Membuang cat kuku yang sudah terkelupas dari kuku juga mengurangi risiko kuman untuk bersembunyi di celah-celah cat kuku tersebut. Jadi sebaiknya langsung bersihkan cat kuku yang sudah terkelupas tersebut sebisa mungkin,” tutup Dr. Pathak. 
(yyy)