FITNESS & HEALTH

Bijak Memilih Makanan saat Sahur dan Berbuka Puasa

Kumara Anggita
Selasa 04 Mei 2021 / 09:58
Jakarta: Puasa adalah ibadah yang baik untuk tubuh dan mental. Kendati demikian, puasa juga bisa memberikan dampak buruk ke tubuh bila dilakukan dengan sembarangan.

Dr. Suharko Soebardi, SpPD - KEMD, Internist JEC Eye Hospitals and Clinics menjelaskan bahwa, ada 5 perubahan fisiologis pada tubuh selama berpuasa Ramadan antara lain:

1. Perubahan beban kerja pada sistem metabolisme energi.

2. Penurunan gula darah selama puasa dan penurunan kebutuhan insulin.

3. Perubahan metabolisme lemak.

4. Asupan cairan berkurang yang memengaruhi kekentalan darah.

5. Penurunan berat badan selama berpuasa.

“Untuk mendapatkan sumber energi saat berpuasa adalah dengan cara memenuhi kebutuhan energi yang seimbang,” jelas Dr. Suharko dalam Virtual JEC Eye Talks: Pengaruh Puasa pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes.

Dr. Suharko pun memberikan tips makanan sehat selama berpuasa yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Mulai dari perencanaan makan keseluruhan sampai waktu sahur dan ifthar. Berikut di antaranya:
 

Perencanaan makan


Perencanaan makan tidak berubah drastis dari pola makan sebelum puasa. Kemudian makan sahur mendekati imsak, minum air cukup banyak dengan metode 2-4-2, hindari minuman yang merangsang banyak buang air kecil, dan hindari melewati waktu makan.
 

Saat sahur


Dr. Suharko memintamu untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks. Kamu bisa konsumsi beras merah, sayuran berdaun hijau, pisang, brokoli, dan gandum.
 

Saat berbuka


Perbanyak jenis karbohidrat sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa, sirup jagung dan masih banyak lagi. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat kompleks dan lemak.
(FIR)