FITNESS & HEALTH

Ngopi Bisa Menurunkan Risiko Kematian, Apa Iya?

Kumara Anggita
Kamis 07 Januari 2021 / 16:07
Jakarta: Selain rasanya nikmat, ternyata kopi bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa menyeruput kopi bisa menurunkan risiko kematian.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, ngopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Ini berlaku pada orang-orang yang mengonsumsi kopi yang banyak, mengonsumsi berbagai jenis kopi, dan di antara orang-orang dengan perbedaan genetik yang memengaruhi metabolisme kafein.

?Studi kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa minum kopi, biasa atau tanpa kafein, dapat menjadi bagian dari diet sehat dan menawarkan kepastian bagi peminum kopi,” kata Marilyn Cornelis, PhD, asisten profesor Pengobatan Pencegahan di Divisi Nutrisi dan rekan penulis. dari penelitian ini dilansir Northwestern Medicine.

Dalam studi saat ini, tim peneliti menganalisis data dari kohort yang terdiri dari setengah juta orang yang tinggal di Inggris. Respondennya berusia antara 38 hingga 73 tahun. Studi tersebut mencakup data tentang konsumsi kopi, serta varian genetik yang terkait dengan metabolisme kafein.

Para peneliti menemukan bahwa selama 10 tahun masa tindak lanjut, minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah secara signifikan. Termasuk di antara orang yang minum delapan cangkir atau lebih per hari.

Manfaatnya juga ditemukan pada pemetabolisme kafein yang lambat dan cepat, serta pada berbagai jenis kopi, termasuk kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein.

Sayangnya, temuan menunjukkan bahwa kafein yang ada di dalam kopi tidak bertanggung jawab atas hubungan antara minum kopi dan tingkat kematian yang lebih rendah. Meskipun mekanisme sebenarnya masih belum jelas.

Walau hasilnya bersifat observasi, penulis mencatat bahwa temuan ini memberikan dukungan lebih lanjut bahwa minum kopi dapat menjadi bagian dari diet sehat.
(FIR)